Tembus Level Tertinggi, Inflasi Tiongkok Agustus 2,0%

Antara    •    Kamis, 10 Sep 2015 09:45 WIB
ekonomi china
Tembus Level Tertinggi, Inflasi Tiongkok Agustus 2,0%
Ilustrasi. (AFP PHOTO/GREG BAKER)

Metrotvnews.com, Beijing: Pemerintah Tiongkok mengumumkan inflasi konsumen di Tiongkok naik menjadi 2,0 persen pada Agustus. Ini merupakan level tertinggi dalam satu tahun karena ancaman deflasi surut lebih lanjut di ekonomi terbesar kedua dunia itu.

AFP melansir, Kamis (10/9/2015), angka untuk indeks harga konsumen (IHK), alat pengukur utama inflasi yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional (NBS), lebih tinggi dari Juli di 1,6 persen dan terkuat sejak 2,0 persen yang sama pada Agustus tahun lalu.

Tetapi harga produsen jatuh pada laju tercepat selama hampir enam tahun. NBS mengatakan indeks harga produsen -sebuah ukuran biaya untuk barang-barang pabrik dan indikator utama IHK- menurun 5,9 persen pada Agustus. Serta menjadi yang terburuk sejak penurunan sebesar 7,0 persen pada September 2009.

Angka ini melemah lebih curam daripada data Juli sebesar 5,4 persen dan ditandai penurunan bulanan ke-42 berturut-turut. Inflasi yang moderat bisa menjadi keuntungan untuk konsumsi karena mendorong konsumen membeli sebelum harga naik.

Sementara penurunan harga mendorong pembeli untuk menunda pembelian dan perusahaan menunda investasi, yang keduanya dapat merugikan pertumbuhan ekonomi.

Pelambatan pertumbuhan ekonomi dan penurunan harga komoditas telah membantu menjaga inflasi konsumen Tiongkok terkendali, di mana beberapa ekonom menyuarakan kekhawatiran tentang kemungkinan deflasi.

Angka IHK ini cukup tinggi bila dibandingkan dengan estimasi median 1,8 persen dalam survei yang dilakukan oleh Bloomberg News kepada para ekonom.


(AHL)

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

3 hours Ago

Dokter Bimanesh Sutarjo bakal mendengarkan sidang pembacaan putusan oleh majelis hakim Tindak P…

BERITA LAINNYA