Topan Etau Mengamuk, Jepang Evakuasi 90 Ribu Warga

Willy Haryono    •    Kamis, 10 Sep 2015 09:47 WIB
topan badai
Topan Etau Mengamuk, Jepang Evakuasi 90 Ribu Warga
Badan Meteorologi Jepang memberikan konferensi pers terkait imbas Topan Etau, Kamis (10/9/2015). (Foto: AFP / JIJI PRESS)

Metrotvnews.com, Tokyo: Otoritas Jepang memerintahkan evakuasi kepada puluhan ribu warga akibat bencana banjir dan tanah longsor dari hujan deras yang dibawa Topan Etau, Kamis (10/9/2015). 

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan khusus di Tochigi dan Ibaraki, dua prefektur di wilayah utara Tokyo, atas ancaman longsoran lumpur dan banjir. 

"Intensitas hujan lebat seperti ini belum pernah kami alami sebelumnya. Bahaya besar dapat terjadi sewaktu-waktu," ujar meteorolog Takuya Deshimaru dalam sebuah konferensi pers, seperti dilansir AFP

Menurut laporan NHK, sebagian wilayah Tochigi terendam banjir dengan ketinggian hampir 60 sentimeter akibat diguyur hujan sejak Senin. Lebih dari 90 ribu warga di prefektur ini dievakuasi, dan 80 ribu lainnya diminta meninggalkan rumah. 

Di kota Kanuma, Tochigi, otoritas setempat sedang mencari seorang warga yang diyakini terkubur longsoran lumpur. 

"Kami belum tahu detail dari orang hilang ini," kata seorang petugas. 

NHK melaporkan orang hilang ini adalah wanita paruh baya yang rumahnya hancur terkena longsor. Suami korban telah berhasil diselamatkan.


(WIL)