Presiden Tiongkok Kunjungi AS Bulan Ini

Willy Haryono    •    Kamis, 10 Sep 2015 09:54 WIB
as-tiongkok
Presiden Tiongkok Kunjungi AS Bulan Ini
Presiden AS Barack Obama (kiri) bersalaman dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing, 12 November 2015. (Foto: AFP / MANDEL NGAN)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Tiongkok Xi Jinping dijadwalkan bertemu Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Gedung Putih, Washington, bulan ini. 

Dua pemimpin negara dengan ekonomi terkuat di dunia ini akan bertemu di tengah krisis finansial global dan kekhawatiran AS atas perilaku Tiongkok di dunia maya dan Laut China Selatan. 

Seperti dilansir AFP, Rabu (9/9/2015), Obama berada di bawah tekanan untuk tidak terlalu membesar-besarkan kunjungan Xi. Sejumlah kandidat presiden dari partai Republik, terutama Donald Trump, menyebut Xi tidak layak mendapat perlakuan istimewa di Negeri Paman Sam. 

"Saya tidak akan menjamu dia dengan makan malam kenegaraan. Saya akan memberi dia hamburger McDonald," ucap Trump, akhir Agustus lalu. 

Menurut poling Pew Research, lebih dari separuh total warga AS tidak mendukung Tiongkok. Jumlah ini termasuk 63 persen pendukung Partai Republik. 

Gedung Putih mengomentari desakan Republik, dan mengatakan pentingnya nilai kerja sama dengan Tiongkok, namun juga mengindikasikan ketidaksukaan atas perilaku Negeri Tirai Bambu dalam keamanan dunia maya dan masalah maritim. 



(WIL)