Menko Darmin: Tak Mudah Pangkas Aturan

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 10 Sep 2015 09:57 WIB
paket kebijakan ekonomi
Menko Darmin: Tak Mudah Pangkas Aturan
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (AFP PHOTO/ADEK BERRY)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Jokowi mengaku telah menderegulasikan 89 aturan dari 154 aturan yang ada. Deregulasi ini ditujukan untuk mendorong daya saing industri nasional.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan tak mudah mencabut peraturan sekaligus. Namun, pemerintah berkomitmen untuk membereskan aturan-aturan yang selama ini tumpang tindih dan menjadi hambatan bagi dunia industri.

"Itu sudah sedemikian rupa sehingga tidak mudah dicabut, nanti dampaknya akan ada yang sulit diperhitungkan pelaksanaannya. Tapi sebagian besar kita ubah misalnya duplikasi tiga peraturan kita buat jadi satu, sehingga tak ada lagi yang tumpang tindih," tutur Darmin di Jakarta, Rabu, 9 September 2015 malam.

Dirinya mencontohkan, misalnya pada sektor pangan, persoalannya yakni mengenai masalah data. Menurut dia proses mengakurasikan data tak mudah, karena setiap data memiliki legalitas masing-masing dari instansi dan angkanya bisa berbeda-beda. Dan hal itu mengekor pada arah kebijakan yang berbeda pula.

"Kita harus perlahan, gabisa kemudian langsung ke tujuan yang kita perkirakan perlu dicapai. Yang penting suplainya terjamin. Apalagi dalam situasi menjelang kemarau el nino. Kita tidak menyentuh dulu substansi kebijakannya. Ya ini menurut saya ini adalah wisdom yang perlu ditempuh bukan sekedar gagah gagahan nanti bisa kacau dilapangannya," jelas dia.


(AHL)