RSUD di Jakarta Kini Punya Ruang Kemoterapi

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 10 Sep 2015 11:33 WIB
rsud
RSUD di Jakarta Kini Punya Ruang Kemoterapi
Pasien melintas seusai memeriksa kesehatan di RSUD Tarakan. (Foto:Antara/

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahja Purnama meresmikan ruangan khusus kemoterapi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Jakarta Pusat. Diharapkan pasien kanker tak harus menunggu lama untuk mendapat tindakan.
 
"Saya sangat bersyukur, karena kalau kita lihat, hampir semua pasien kanker yang mau kemo antre luar biasa. Jadi dibuat ruangan khusus di sini," kata Ahok di RS Tarakan, Jalan Kyai Caringin, Jakarta Pusat, Kamis (10/9/2015).
 
Ia mengungkapkan, selama ini pemerintah hanya memiliki Rumah Sakit Dharmais sebagai rumah sakit pusat kanker se-Indonesia. Padahal, jumlah pasien kanker tidak sedikit, sehingga antrean tak terhindarkan.
 
"Dharmais itu dari seluruh Indonesia pasiennya. Padahal kalau mau kemo tidak boleh terlambat. Percuma kalau kamu kemo empat atau enam kali, intervalnya panjang," ujar mantan Bupati Belitung Timur itu.
 
Sembari menunggu pembangunan Rumah Sakit Pusat Kanker, Pemprov DKI akan menambah ruangan kemoterapi di setiap RSUD untuk melayani pasien kanker. RSUD Tarakan menjadi rumah sakit pertama yang fasilitasnya ditambah.
 
"Nanti mungkin kita siapkan juga beberapa rumah sakit (pemerintah) lainnya. Sambil kita menunggu Rumah Sakit Kanker (Sumber Waras) beres," kata Ahok.
 
Rencananya Pemprov DKI akan menambah fasilitas kanker di beberapa rumah sakit. Akan ada penambahan ruangan di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan RSUD Koja Jakarta Utara. Penambahan ruangan ini diikuti dengan penambahan fasilitas alat radiasi.


(FZN)