OJK Klaim Dorong Peningkatan Suplai USD Dalam Negeri

Antara    •    Kamis, 10 Sep 2015 11:47 WIB
ojk
OJK Klaim Dorong Peningkatan Suplai USD Dalam Negeri
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) Dwi Suharyanto mengungkapkan pihaknya akan mendorong peningkatan suplai dolar Amerika Serikat (USD) dalam negeri guna meredam tekanan nilai tukar rupiah terhadap USD.

"OJK mendorong masuknya dolar ke sistem keuangan di Indonesia sehingga dapat meningkatkan suplai dolar dalam negeri untuk mengerem kenaikan dolar, dengan beberapa kebijakan," kata Dwi, di Manado, Kamis (10/9/2015).

Ia menjelaskan, kebijakan yang tengah diambil yakni akan memberikan kelonggaran bagi Warga Negara Asing (WNA) untuk membuka rekening di bank-bank lokal. Kebijakan tersebut berlaku secara nasional, sehingga kemudahan ini juga berlaku di Sulut.

"Pertanyaannya adalah seberapa banyak warga asing di sulut. Mungkin tidak banyak, sehingga dampak kebijakan tersebut di sulut mungkin tidak terlalu terasa," jelas Dwi.

Dwi menambahkan, di tengah kondisi ekonomi yang relatif lesu dan masih dipenuhi ketidakpastian dari sisi global, OJK berupaya untuk memperkuat rupiah dan ekonomi dalam negeri. Regulasi mengenai WNA atau turis membuka rekening di bank itu sendiri kini tengah dilakukan finalisasinya.

Inti dari kebijakan OJK tersebut, masih kata Dwi, akan memberikan kemudahan bagi WNA untuk membuka rekening valas di lembaga perbankan nasional dan berpotensi memobilisasi sumber dana valas di dalam negeri.

"Diharapkan dengan kebijakan ini akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan perbankan di Indonesia khususnya di Sulut dalam menghadapi pelemahan ekonomi global," pungkasnya.



(ABD)