Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar

Torie Natalova    •    Kamis, 10 Sep 2015 12:45 WIB
kesehatan
Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar
Silikon gel cara praktis obati luka bakar. (foto:cma-lilly.com)

Metrotvnews.com, Denpasar: Potensi cedera luka bakar bisa mengintai siapapun terlebih dengan semakin banyak peralatan modern yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah mendeteksi sumber cedera luka bakar dan lokasi yang rawan kecelakaan luka bakar.

“Berdasarkan data yang ada, api dan aliran listrik terutama yang bertegangan tinggi merupakan dua penyebab utama kecelakaan luka bakar. Selain itu, luka bakar juga dapat disebabkan oleh air atau minyak panas, bahan kimia, atau bahkan suhu dingin yang ekstrim (frostbite),” ujar Dr. dr. I Nyoman Putu Riasa, SpBP-RE [K], Ketua Perhimpunan Luka Bakar dan Penyembuhan Luka Indonesia dalam siaran pers yang diterima, Kamis (10/9/2015).

Ada pertolongan pertama yang benar saat Anda mengalami luka bakar. Sebaiknya, jangan menangani atau mengobati sendiri luka bakar untuk mendapatkan penyembuhan yang optimal.

"Caranya dengan mengaliri luka bakar dengan air keran selama 10 menit sejak kejadian untuk mengurangi kedalaman luka. Jangan oleskan bahan apapun kepada luka bakar. Berikan minuman yang ditambahkan 5 gram tablet garam atau cairan oralit untuk mencegah dehidrasi, lalu segera larikan korban ke rumah sakit atau burn unit," tambahnya.

Selain pencegahan dan pengobatan luka bakar, masyarakat juga seringkali tidak menyadari bahwa bekas luka bakar juga perlu mendapatkan perawatan. Tidak jarang seseorang yang menderita luka bakar menjadi kehilangan kepercayaan diri karena memiliki bekas luka bakar yang terlihat jelas di tubuhnya. 

Turunnya kepercayaan diri karena bekas luka bakar tentu dapat mengganggu pasien dalam karier, kehidupan sosial, bahkan kehidupan pribadi pasien. Padahal, semakin cepat bekas luka bakar ditangani dengan terapi yang tepat, semakin besar pula kemungkinan bekas luka bakar dapat disamarkan secara sempurna.
 
Menurut Irvani Risyda, Brand Manager PT Transfarma Medica Indah, di zaman modern ini, perawatan luka bakar juga semakin holistik, para ahli memikirkan mulai dari pencegahan, pengobatan, hingga ke perawatan bekas luka bakar. Saat ini, perawatan bekas luka bakar yang dianggap paling efektif oleh para ahli kesehatan adalah dengan menggunakan silikon gel. 

"Terapi tersebut dianggap relatif aman, tepat sasaran, mudah diperoleh dan digunakan, serta lebih ekonomis dibandingkan dengan terapi lainnya seperti laser, operasi, atau injeksi. Dermatix Ultra adalah silikon gel yang teruji klinis dapat menyamarkan bekas luka bakar. Namun, Dermatix hanya diaplikasikan pada luka bakar yang mulai mengering. Semakin cepat bekas luka bakar mendapatkan perawatan dengan Dermatix, semakin maksimal hasil yang dapat diperoleh,” tutup Irvani.


(LOV)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

10 hours Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA