Kemendag Gelar Pameran Pangan Nusa & Produk Dalam Negeri Regional 2015

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 10 Sep 2015 13:00 WIB
kementerian perdagangan
Kemendag Gelar Pameran Pangan Nusa & Produk Dalam Negeri Regional 2015
Suasana Pameran Pangan Nusa dan Produk Dalam Negeri Regional 2015 (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Bukittinggi: Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar Pameran Pangan Nusa dan Produk Dalam Negeri Regional 2015. Pada kesempatan ini, pameran dilaksanakan di Lapangan Wirabtaja, Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar).

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Srie Agustina yang pada kesempatan kali ini membuka langsung pelaksanaan pameran menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kemendag dalam meningkatkan akses pasar bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kementerian Perdagangan ingin memperkuat dan meningkatkan pasar dalam negeri dengan meningkatkan akses dan produksi oleh UMKM," ujar Srie, di lokasi pameran Lapangan Wirabraja, Jalan Sudirman, Bukittinggi, Kamis (10/9/2015).

Dirinya berharap, dengan adanya gelaran pameran tersebut, pelaku UMKM akan lebih mandiri dan memiliki daya saing yang nantinya bisa memiliki produk andalan tidak hanya di pasar dalam negeri tetapi juga di pasar luar negeri.

"Para pelaku UMKM diharapkan dapat memperoleh akses pasar dan jaringan usaha yang luas, sehingga dapat lebih mandiri dan bersaing di pasar dalam negeri dan suatu ketika merambah pasar luar negeri," jelas dia.

Pameran di Bukittinggi diikuti oleh 138 peserta dari 12 provinsi di Indonesia untuk Pameran Produk dalam Negeri, sedangkan Pangan Nusa diikuti sebanyak 150 pelaku usaha dari 16 provinsi di Indonesia.

Pameran Pangan Nusa dan Produk Dalam Negeri Regional merupakan event tahunan yang sebelumnya telah digelar di Gorontalo dan Surakarta. Bahkan setelah Bukittinggi pameran juga akan dilakukan di Jakarta.


(ABD)