PLN Siap Pasarkan Energi Listrik Terbarukan

Antara    •    Kamis, 10 Sep 2015 13:11 WIB
listrik
PLN Siap Pasarkan Energi Listrik Terbarukan
Gedung PLN (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)

Metrotvnews.com, Pekanbaru: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) menyatakan kesiapannya dalam memasarkan energi listrik dari bahan bakar terbarukan seperti menggunakan limbah cair kelapa sawit.

"Kami siap gandeng perusahaan swasta penyedia listrik dari energi terbarukan di Riau guna cukupi kebutuhan untuk interkoneksi di Sumatera," papar Manajer Perencanaan PLN WRKR Zulfiantora Tanjung, di Pekanbaru, Kamis (10/9/2015).

Ia menjelaskan, saat ini di Riau telah ada 14 investor baik pemodal asing maupun dalam negeri yang telah melakukan investasi di bidang energi listrik terbarukan, terutama memakai limbah cair kelapa sawit atau biomassa.

Memang Provinsi Riau terkenal sebagai daerah penghasil minyak sawit mentah (CPO) yang sebagian besar untuk tujuan ekspor. Namun sejauh ini minat swasta untuk berinvestasi masih minim karena belum berani mengambil risiko.

"Selama ini pihak swasta hanya bangun pembangkit listrik dari limbah sawit untuk kebutuhan masing-masing. Meski begitu, selalu ada sisa energi bisa dijual keluar dan peluang bisa dimanfaatkan bagi masyarakat," ucapnya.

Pemerintah Provinsi Riau sejak akhir 2014 hingga kini berulang kali telah mendorong pembangunan pembangkit listrik memanfaatkan limbah sawit oleh swasta, demi mengatasi kekurangan pasokan energi listrik di daerah itu terutama saat beban puncak.

"Total kebutuhan listrik di Riau saat ini sekitar 592 MW. Kapasitas pembangkit terpasang cuma 315 MW atau kurang 277 MW, sedangkan elektrifikasi baru 61 persen dan pertumbuhan rata-rata sekitar 14 persen per tahun," kata Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.


(ABD)