Wakil Ketua Komisi I: Sudah Saatnya Indonesia Ambil Alih FIR dari Singapura

Surya Perkasa    •    Kamis, 10 Sep 2015 13:12 WIB
dprdpr ads
Wakil Ketua Komisi I: Sudah Saatnya Indonesia Ambil Alih FIR dari Singapura
Tantowi Yahya. Foto: Angga Yuniar/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Komisi I DPR Tantowi Yahya mengatakan sudah saatnya Indonesia mengambilalih pengelolaan Flight Information Region Kawasan Natuna dari Singapura. Menurutnya, hal ini terkait dengan kedaulatan negara.

"Ini bukan hanya masalah bisnis. Ini masalah kedaulatan negara," ujar Tantowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/9/2015).

Pengelolaan FIR kawasan Natuna dan Kalimantan Utara dikelola Singapura sejak 1946 karena berbagai keterbatasan RI saat itu. Namun kini Indonesia seharusnya mampu mengelola secara mandiri.

Tantowi menilai ini menjadi persoalan karena kedaulatan Indonesia beberapa kali terusik oleh Singapura. Pengawasan udara ini dimanfaatkan Negeri Jiran itu untuk menggelar latihan militer.

"Itu pelanggaran wilayah. Kita harus sampaikan nota protes. Kalau kata Panglima kita akan mengusir, itu sikap tegas. Kita enggak akan kompromi," kritik dia.

Politikus Partai Golkar ini mendukung rencana pemerintah untuk segera ambilalih FIR dari Singapura. Jika perlu lebih cepat dari rencana awal yang targetnya pada 2019. Sebab secara SDM dan peralatan seharusnya Indonesia bisa segera melengkapi.

"(Jika tidak) wibawa kita akan semakin melorot di mata negara sahabat, kedaulatan kita juga akan terancam, maka kita perlu tegas," kata dia.


(KRI)