Kementerian ESDM Luncurkan Paket Kebijakan Sektor Energi

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 10 Sep 2015 13:43 WIB
paket kebijakan ekonomi
Kementerian ESDM Luncurkan Paket Kebijakan Sektor Energi
Menteri ESDM Sudirman Said (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan kebijakan stimulus ekonomi untuk sektor ESDM melalui deregulasi dan rencana regulasi baru. Kebijakan ini diharapkan memberi dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Mengenai sejumlah kebijakan ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Menjadi bagian kebutuhan itu kebijakan sektor ESDM. Hari ini kami sampaikan kebijakan sektor ESDM untuk mencapai beberapa tujuan," kata Menteri ESDM Sudirman Said, di Kantor Direktorat Jendral Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Adapun paket regulasi sektor ESDM di antaranya mengenai penyediaan pendistribusian dan penetapan harga LPG untuk kapal perikanan nelayan kecil; penyediaan, pendistribusian dan penetapan harga BBG untuk transportasi jalan; tata kelola gas bumi; regulasi mengenai; pembangunan dan pengembangan kilang di dalam negeri; dan kebijakan harga gas bumi tertentu dalam kegiatan hulu migas.

Seluruh kebijakan ini, jelas Sudirman, akan menuju pada beberapa arah. Arah tersebut yaitu untuk melakukan penyederhanaan izin sektor energi, mempermudah pelaksanaan investasi sektor energi, mempercepat pelaksanaan proyek-proyek strategis, dan memberikan kepastian hukum.

"Seluruh paket regulasi ini dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menjamin kepastian hukum, menggerakan sektor riil, dan memperkuat industri riil," jelas dia.



(ABD)