DPR Minta Maaf soal Kabut Asap

Kesturi Haryunani    •    Kamis, 10 Sep 2015 14:39 WIB
dpr ads
DPR Minta Maaf soal Kabut Asap
Hamdani dari Fraksi Partai NasDem

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Perwakilan parlemen Indonesia menyampaikan permintaan maaf dalam sidang ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) atas serbuan asap yang melanda negara tetangga di ASEAN. Terutama bagi Malaysia, selaku tuan rumah AIPA.

"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Malaysia atas asap yang terjadi. Bencana asap ini sama sekali tidak direncakan, melainkan karena kekeringan yang sedang terjadi di Sumatra dan Kalimantan," ujar Hamdani dari Fraksi Partai NasDem saat sidang AIPA ke-36 di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (9/9/2015).

Hamdani juga meminta maaf kepada masyarakat Singapura yang disampaikan melalui delegasi Singapura di sidang AIPA. Ia menjelaskan, pemerintah Indonesia telah mengalokasikan 1 juta dollar AS untuk menyelesaikan kebakaran hutan.

Sebelumnya, PM Najib Razak dalam pidato pembukaan sidang AIPA mengingatkan mengenai perjanjian regional ASEAN dalam pengendalian polusi akibat asap yang ikut ditandatangani Indonesia. Bahkan, pimpinan parlemen Malaysia Pandikar Amin mendesak Indonesia untuk tegas menghukum pelaku pembakaran hutan yang menyebabkan kabut asap.

"Indonesia harus memastikan bahwa siapa pun pihak yang melakukan (pembakaran), apabila itu perusahaan besar, perkebunan kelapa sawit, mereka harus dihukum (denda),” ujar Amin.


(NIN)