Masuk ke Thailand, Tersangka Pengebom Bangkok Sogok Petugas Perbatasan

Fajar Nugraha    •    Kamis, 10 Sep 2015 14:57 WIB
ledakan bangkok
Masuk ke Thailand, Tersangka Pengebom Bangkok Sogok Petugas Perbatasan
Lokasi ledakan bom di Bangkok (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Tersangka kunci dari pengeboman yang terjadi di Bangkok, ternyata menyogok pejabat perbatasan untuk bisa masuk ke Thailand.

Adem Karadag, salah satu dari dua warga asing yang ditangkap terkait insiden 17 Agustus 2015 itu, ditangkap dari sebuah tempat penginapan di Bangkok Agustus lalu.

Polisi yang menggeledah kamarnya, menemykan bahan pembuat bom. Bahan peledak itu berjenis paraphernalia dan puluhan paspor Turki palsu.

Peran dari Karadag tidak dijelaskan oleh pihak kepolisian, tetapi polisi mengetahui bagaimana Karadag bisa masuk ke Negeri Gajah Putih.

"Pelaku pertama (Karada) bepergian melalui Vietnam dan masih ke negara tetangga, dan membayar sejumlah uang untuk transportasi," jelas Kepala Polisi Thailand Somyot Poompanmoung, seperti dikutip Reuters, Kamis (10/9/2015).

"Di perbatasan Thailand dia membayar uang sejumlah USD600 (sekitar Rp8,5 juta) untuk masuk ke Thailand," lanjut Somyot.

Namun Somyot tidak menjelaskan siapa identitas petugas perbatasan yang menerima uang itu. Sementara pihak Kepolisian Thailand sendiri terus memburu tersangka baru dalam insiden ledakan ini.

Ledakan pada 17 Agustus itu telah menewaskan 22 orang dan melukai 123 lainnya. Satu dari korban meninggal adalah seorang warga negara Indonesia (WNI).


(FJR)