Menko Maritim: Pelindo II Sengaja Tutup Jalur Kereta ke Pelabuhan

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 10 Sep 2015 15:55 WIB
pelindo
Menko Maritim: Pelindo II Sengaja Tutup Jalur Kereta ke Pelabuhan
Menko bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli (tengah) (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli menyayangkan sikap PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II yang menutup semua jalur kereta di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Sejak zaman Belanda, kereta api sudah bisa langsung masuk ke dalam pelabuhan. Namun Pelindo sengaja menutup semua jalur hingga sampai ke dalam sehingga tidak bisa masuk ke dalam," ujar Rizal Ramli, saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Dirinya menilai penutupan jalur kereta secara sengaja ini lantaran adanya pejabat ingin mempersulit. Menurutnya sikap-sikap seperti ini yang diperlukan adanya revolusi mental sehingga mental yang dimiliki benar-benar mengarah kepada kepentingan rakyat.

"Maunya bkin sulit padahal solusinya mudah kita perlu revoulsi mental. Kalau dulu sengaja bikin sulit kenapa tidak dibikin sulit. Sekarang kita ubah paradigmanya hal yang sulit kita bikin mudah," ungkap Rizal.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Anggota DPR Komisi III Masinton Pasaribu menjelaskan kedatangannya ke Pelabuhan Tanjung Priok lantaran ingin membongkar segala penyelewengan, penyimpangan, dan pelanggaran hukum yang terjadi di Pelindo II.

"Pelindo II ini perusahaan milik negara yang dibiayai dengan uang rakyat. Jadi harus dikelola dengan benar untuk mendapatkan manfaat sebesar-besarnya untuk negara dan rakyat," tegasnya.



(ABD)