10 Kebiasaan yang Bisa Menyakiti Kelamin Pria

Torie Natalova    •    Kamis, 10 Sep 2015 16:09 WIB
seks
10 Kebiasaan yang Bisa Menyakiti Kelamin Pria
Merokok dan sering menonton tv bisa mengganggu fungsi kelamin. (FotoLgymmembershipfee)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebanyakan pria mungkin tidak menyadari bahwa kebiasaannya bisa menyakiti alat kelaminnya. Tak sekadar menyakiti, kebiasaan buruk pria bila tak segera diperbaiki bisa menyebabkan masalah serius pada penisnya. 

Agar Anda para pria tidak lagi melakukan kerusakan secara permanen, berikut beberapa kebiasaan umum yang bisa menyakiti penis Anda.

1. Kurang berolahraga
Berdasarkan penelitian Cedars-Sinai Medical Center, pria yang rajin olahraga memiliki ereksi dan fungsi seksual yang lebih baik, berdasarkan penelitian Cedars-Sinai Medical Center.

2. Merokok
Kebiasaan merokok yang berlebihan bisa mengakibatkan disfungsi ereksi juga sperma yang buruk. Mulai sekarang berhentilah merokok.

3. Tidak bercinta
Semakin sering bercinta, maka semakin kecil kemungkinan Anda menderita disfungsi ereksi. Ini menurut sebuah studi 2008 lalu yang diterbitkan dalam The American Journal of Medicine. Jika belum menikah, cobalah untuk masturbasi setidaknya tiga kali seminggu untuk mengurangi risiko disfungsi ereksi.

4. Kurang tidur
Sebuah studi dari University of Chicago tahun 2011 lalu menemukan bahwa pria yang waktu tidurnya kurang dari lima jam setiap malam selama seminggu atau lebih memiliki jumlah testosteron yang lebih rendah dibanding mereka yang tidur 7-8 jam setiap hari.

5. Tidak pernah makan semangka
Buah berwarna merah dan manis ini memiliki bahan citrulline-arginin yang bisa membuat pembuluh darah rileks yang bisa meningkatkan oksida nitrat. Ini memiliki fungsi yang sama dengan viagra yang bisa mengobati disfungsi ereksi bahkan mencegahnya.

6. Terlalu banyak junk food
Studi Universitas Harvard pada 2011 lalu menemukan bahwa pria yang sering mengonsumsi makanan lemak jenuh tinggi seperti kue, cake, coklat, keripik dan makanan gorengan atau olahan memiliki kualitas sperma yang buruk dibanding pria yang mengonsumsi makanan sehat.

7. Nonton TV terlalu sering
Pria yang sering menonton televisi lebih dari 20 jam seminggu, sebanyak 44 persen memiliki sperma yang rendah daripada pria yang tidak menonton televisi. Peneliti dari University of Rochester menemukan bahwa pria yang seharian menonton tv memiliki kualitas sperma rendah karena tidak banyak melakukan kegiatan fisik.

8. Tidak membersihkan tabir surya atau sunblock
Menurut National Institutes of Health (NIH), tabir surya memang baik untuk mencegah risiko kanker kulit. Tapi, bahan kimia UV di dalamnya yang melindungi terhadap sinar UV banyak mengurangi kemampuan pria untuk bereproduksi hingga 30 persen. Namun, jangan berhenti menggunakan pelindung. Sebaiknya, segera mandi atau cuci bagian yang terkena tabir surya untuk mengurangi dampaknya.

9. Tidak menjaga kebersihan gigi
Peneliti dari Journal of Periodontology menemukan 7 dari pria yang menderita penyakit gusi juga mengalami disfungsi ereksi. Bakteri dalam jaringan gusi bisa berjalan ke seluruh tubuh, termasuk peradangan dan aliran darah ke penis Anda. napas bau adalah tanda penyakit gusi karena Anda malas merawatnya.

10. Tidak minum kopi
Tim peneliti dari University of Texas Health Science Center menemukan, 42 persen dari pria yang minum 2-3 cangkir kopi sehari lebih rendah terkena risiko mengalami disfungsi ereksi. Studi menemukan, kafein membantu membuat arteri dan otot rileks ke bagian penis sehingga bisa meningkatkan aliran darah. (Mensfitness)


(LOV)