Tak Terima Gaji, Karyawan OC Kaligis Banyak yang Keluar

Meilikhah    •    Kamis, 10 Sep 2015 16:24 WIB
oc kaligis tersangka
Tak Terima Gaji, Karyawan OC Kaligis Banyak yang Keluar
OC Kaligis ditahan KPK (Foto: Antara/Vitalis Yogi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Karyawan terdakwa kasus suap hakim dan panitera PTUN Medan OC Kaligis banyak yang mengundurkan diri dari firma hukum miliknya. Mereka keluar karena gaji belum dibayar lantaran delapan rekening milik Kaligis diblokir oleh KPK.
 
"70 persen pegawai saya berhenti. Saya tidak bisa bayar. Itu rekening pembayaran dari klien. Fee dari orang lain juga," kata Kaligis, di Pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2015).
 
Menurutnya, pemblokiran rekening yang dilakukan penyidik KPK tak beralasan. Pasalnya, uang dalam rekening itu tak berkaitan dengan perkara dan seharusnya dibebaskan dari pemblokiran.
 
Kaligis khawatir firma hukum miliknya gulung tikar jika jaksa penuntut umum pada KPK maupun penyidik tak membuka rekening tersebut. "Enggak ada hubungannya sama sekali dengan perkara. Itu bukan money laundry. Kalau begini caranya kantor saya mau dimatikan. Gimana kantor jalan kalau kita gak bisa (bayar)," ujarnya.
 
Majelis hakim yang diketuai Sumpeno tak bisa langsung memberikan putusan dan memerintahkan penuntut umum membuka rekening Kaligis. Pasalnya, berdasarkan uraian penuntut umum, pembukaan pemblokiran hanya bisa dilakukan oleh penyidik. Pihaknya harus menunggu penjelasan apakah rekening bisa dibuka atau tidak oleh penyidik.
 
"Seperti yang kami sampaikan, keputusan majelis menunggu tanggapan penyidik," kata Sumpeno.
 
Ditambahkan Jaksa bahwa, "Terkait pengajuan pembukaan blokir rekening, kami akan sampaikan ke penyidik. Kalau masih diperlukan akan dibuka. Tapi kalau ada alasan lain, kami akan sampaikan. Kami mohon waktu satu minggu," kata Jaksa Yudi Kristiadi.


(FZN)