UKM Makassar Diminta Manfaatkan Kemitraan ASEAN-Timur

Antara    •    Kamis, 10 Sep 2015 16:34 WIB
ukm
UKM Makassar Diminta Manfaatkan Kemitraan ASEAN-Timur
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Metrotvnews.com, Makassar: Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengimbau UKM di Kota Makassar dan sekitarnya untuk bisa memanfaatkan dan memperluas jejaring usaha serta pemasaran melalui jalur kemitraan ASEAN-Timur dalam kerja sama subkawasan BIMP-EAGA.

"Kita bersyukur bahwa pada tahun ini Indonesia yakni Kota Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan BIMP-EAGA pada 9-11 September 2015," kata Menteri A.A.G.N. Puspayoga, di Makassar, Kamis (10/9/2015).

Dia juga mengimbau melalui BIMP-EAGA agar negara-negara ASEAN menciptakan sinergi dalam pasar tunggal ASEAN bukan sebagai persaingan negatif melainkan sinergi yang saling menguntungkan sesuai dengan semangat ASEAN.

Pada tahun ini, Kota Makassar terpilih menjadi tuan rumah kegiatan BIMP-EAGA yang meliputi acara SME Development Working Group Meeting, BIMP-EAGA Creative Expo, dan Business Matching bagi UKM.

Puspayoga mengatakan penyelenggaraan kegiatan tersebut bertujuan menindaklanjuti kesepakatan kerja sama di subkawasan dalam pengembangan UKM melalui kerja sama antar UKM dan pemangku kepentingan.

"Dalam kesempatan ini kami mengimbau kepada seluruh pelaku UKM di subkawasan untuk dapat memanfaatkan Expo dan Business Matching ini dalam pengembangan UKM, terutama UKM yang berpotensi ekspor," pungkasnya.


(ABD)