Strategi Bawaslu Awasi Tahapan Kampanye Pilkada Serentak

Damar Iradat    •    Kamis, 10 Sep 2015 16:41 WIB
pilkada serentak
Strategi Bawaslu Awasi Tahapan Kampanye Pilkada Serentak
Ilustrasi pilkada serentak,--Foto: Dok/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah merancang strategi pengawasan tahapan kampanye Pilkada Serentak 2015. Banyak pihak yang akan dilibatkan dalam strategi Bawaslu mengawasi kampanye.

Siti Khofifah dari tim Asistensi Divisi Pengawasan Bawaslu telah mengumpulkan data yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran yang bisa dilakukan oleh para bakal pasangan calon. Dari situ ia meracik strategi.

"Dari hasil pengawasan, kami selalu berbasis pada strategi utama. Upaya pencegahan dari Juni sampai Agustus, kita sudah lakukan koordinasi, sosialisasi, imbauan, dan lewat media massa," kata Khofifah di Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2015).

Bawaslu, kata Khofifah, juga telah memberikan surat imbauan terkait kepada bakal calon petahana yang sudah berkampanye sebelum waktunya. Untuk itu, Bawaslu juga sudah melibatkan beberapa pihak.

"Pihak yang dilibatkan banyak. Ada dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), partai politik, pemerintah, media massa, Satpol PP, kepolisian, dan kejaksaan," imbuhnya.

Berdasarkan hasil temuan tersebut, Bawaslu menghadapi tantangan yang tidak mudah. Peran dan kerja sama masyarakat pun diharapkan.

"Buat kami (hasil temuan) ini jadi tantangan bersama. Kami tidak bisa berdiri sendiri dalam proses pengawasan pelaksanaan pilkada serentak," ucapnya.

Tantangan yang dimaksud Khofifah soal aspek regulasi. Masih terdapat pasal-pasal yang multitafsir, dan sifatnya yang masih kosong.

"Kemudian ada juga kondisi objektif pengawas pemilu dan masih minimnya keberadaan mitra di daerah," kata dia.


(MBM)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA