Kades Mojokrapak Gunakan Dana Desa untuk Perbaikan Jalan

Nurul Hidayat    •    Kamis, 10 Sep 2015 16:47 WIB
dana desa
Kades Mojokrapak Gunakan Dana Desa untuk Perbaikan Jalan
Ilustrasi dana desa, Ant

Metrotvnews.com, Jombang: Kepala Desa Mojokrapak, Warsubi, mengaku sudah mencairkan dana desa tahap I sebanyak Rp183 juta. Ia mengatakan anggaran itu untuk memperbaiki jalan di lima titik di desanya. Tiga di antaranya sudah memasuki tahap pengerjaan yaitu Sugihwaras, Gedik, dan Mojokrapak.

"Anggarannya kita sesuaikan dengan panjang jalan yang diperbaiki. Sehingga prosesnya berjalan," kata Warsubi di Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015).

Warsubi juga mengatakan perangkat desa menggunakan anggaran itu sesuai dengan aturan. Satu di antaranya menggunakan anggaran untuk pembangunan infrastruktur.

"Kita juga sudah ada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) untuk mengelola dana tersebut agar lebih mempermudah pertanggung jawaban," ujar Warsubi.

Warsubi pun menyambut keputusan pemerintah mempermudah menyederhanakan penggunaan Dana Desa untuk infrastruktur. Dengan demikian, kata Warsubi, penyerapan dana pun jadi lebih cepat.

Tiga menteri sudah menandatangani surat keputusan bersama (SKB) terkait pencairan dana desa. Salah satu isinya yaitu meniadakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang sebelumnya disyaratkan untuk pencairan dana. 

Sementara itu, kades yang mengajukan dana desa hanya perlu melampirkan instruksi dari pemerintah pusat maupun provinsi sebagai pengganti peraturan bupati soal pencairan hingga penggunaannya. "Mengenai perbup dan perwali itu kita sederhanakan juga menjadi direction dari pusat dalam bentuk SKB tiga menteri. Bentuknya cukup dengan instruksi-instruksi saja," kata  Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar.

Selain Marwan, dua menteri lain juga menyepakati ketentuan tersebut. Yaitu Menteri Dalam Negeri Thajo Kumolo dan Menteri Keuangan  Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro.


(RRN)