Perlu Sinergi Semua Komponen Demi Sukseskan Paket Kebijakan Ekonomi

Antara    •    Kamis, 10 Sep 2015 16:59 WIB
ekonomi indonesia
Perlu Sinergi Semua Komponen Demi Sukseskan Paket Kebijakan Ekonomi
Ekonomi indonesia. ANTARA/Septianda Perdana

Metrotvnews.com, Kupang: Pengamat ekonomi dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang Dr. Thomas Ola Langoday, MSi berpendapat, kunci sukses kebijakan ekonomi September 2015 adalah sinergi semua komponen bangsa.

“Tanpa adanya sinergi semua komponen bangsa, paket kebijakan ekonomi yang diumumkan Presiden Joko Widodo tidak akan mampu memperbaiki kondisi perekonomian bangsa yang terus melesuh akhir-akhir ini,” kata dia di Kupang, Kamis (10/9/2015).

Dia mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan seputar kemampuan paket kebijakan ekonomi yang baru saja diumumkan itu memperbaiki perekonomian bangsa.

"Paket kebijakan ekonomi yang diumumkan Presiden Joko Widodo ini hanya mampu memperbaiki kondisi perekonomian bangsa jikalau didukung oleh seluruh komponen bangsa. Tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meluncurkan paket kebijakan ekonomi untuk menstabilisasi perekonomian domestik di tengah tekanan ekonomi global. Paket kebijakan ekonomi itu adalah mendorong daya saing industri nasional melalui deregulasi dan debirokrasi.

"Ada 89 peraturan yang diubah dari 154 sebelumnya," kata Jokowi. 


(SAW)