Kemendag Dorong UMKM Jadi Penggerak Ekonomi

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 10 Sep 2015 17:06 WIB
kementerian perdagangan
Kemendag Dorong UMKM Jadi Penggerak Ekonomi
Kementerian Perdagangan (Foto: Dokumentasi Setkab)

Metrotvnews.com, Bukittinggi: Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu penggerak ekonomi. Untuk mendukungnya, Kemendag terus memfasilitasi dan memberikan kemudahan bagi para UMKM.

Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Srie Agustina, fasilitas dan kemudahan bagi UMKM sangat penting. Hal tersebut diharapkan bisa mendorong pertumbuhan UMKM di masa-masa yang akan datang.

"Selama ini, Kemendag melakukan berbagai langkah guna meningkatkan daya saing ekonomi kerakyatan melalui peningkatan kemampuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagai penggerak ekonomi kerakyatan," terangnya, di Lapangan Wirabraja, Bukittinggi, Kamis (10/9/2015).

Dirinya menambahkan, hal pertama yang dilakukan oleh Kemendag adalah memberikan legalitas bagi UMKM melalui fasilitasi kepemilikan Izin Usaha Mikro Kecil atau IUMK bersama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koperasi dan UKM, serta BRI.

"Melalui kepemilikan IUMK, akses pembiayaan untuk usaha kecil akan lebih mudah dan sederhana. Tentunya ini perlu sosialisasi yang berkesinambungan," sambung dia.

Selain itu, dengan memfasilitasi peningkatan akses pasar dan promosi produk usaha kecil menengah melalui kemitraan dengan ritel modern, forum dagang, promosi perdagangan online, dan partisipasi pameran di dalam negeri.

"Kemendag juga memberikan bantuan sarana usaha untuk pedagang mikro kecil. Bantuan berupa gerobak dagang, tenda jualan, coolbox, sepeda jamu, alat pengolah dan pengemas cabai, perlengkapan usaha untuk warung/toko kelontong, serta alat pengupas kelapa," pungkas dia.


(ABD)