Pemprov DKI Periksa 2.714 Hewan Kurban

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 10 Sep 2015 17:18 WIB
idul adha
Pemprov DKI Periksa 2.714 Hewan Kurban
Ilustrasi hewan kurban dinyatakan sehat. (Foto: Antara/Adeng Bustomi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memeriksa kesehatan hewan kurban yang tersebar di lima wilayah Ibu Kota. Pemeriksaan dilakukan sejak Rabu 9 September hingga H+3 Lebaran Idul Adha atau  28 September.
 
Kepala Bidang Peternakan Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta Agung Priambodo mengatakan, pemeriksaan dilakukan pada anus, mata, telinga, hidung, mulut dan suhu tubuh hewan. 
 
"Pemeriksaan dilakukan serentak di semua wilayah, dengan melibatkan dokter hewan di masing-masing suku dinas," kata Agung saat dihubungi, Kamis (10/9/2015).
 
Hingga hari ini jumlah hewan kurban yang telah diperiksa sebanyak 2.714 ekor di 59 tempat penampungan. Terdiri dari sapi 2.142 ekor, kerbau 24 ekor, kambing 435 ekor dan domba 113 ekor. “Pemeriksaan terhadap hewan akan terus dilakukan,” ujarnya.
 
Sejauh ini belum ditemukan kasus hewan kurban yang bermasalah. Belum ada hewan yang terjangkit penyakit seperti mata merah, flu, kembung, skabies (kudis) dan sebagainya.
 
Rata-rata hewan kurban yang masuk masuk ke Jakarta berasal dari Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali.
 
"Jika ditemukan hewan tidak layak maka akan dikasih tinta merah di tubuh hewannya. Hewan yang sudah diperiksa dan hasilnya bagus akan diberikan stiker," katanya.


(FZN)