Kawal Pilkada, BIN Bakal Rekrut 1.000 Personel

Al Abrar    •    Kamis, 10 Sep 2015 18:25 WIB
pilkada serentak
Kawal Pilkada, BIN Bakal Rekrut 1.000 Personel
KaBIN Sutiyoso--Antara/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  serentak bakal digelar 9 Desember 2015. Badan Intelijen Negara (BIN) memastikan sampai saat pemilihan akan berlangsung aman.

"Sejauh ini untuk Pilkada serentak tenang-tenang saja," kata Kepala BIN Sutiyoso di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/9/2015).

BIN, kata Purnawiran bintang tiga ini berencana merekrut 1.000 personel baru yang bakal disebar di setiap kabupaten/kota untuk menjamin keamanan. "Saat ini umumnya satu anggota BIN meng-cover dua sampai tiga kabupaten/kota. Itu tidak masuk akal, pasti tidak maksimal," ujarnya.

Lebih jauh, Sutiyoso mengatakan terkait adanya penundaan pelaksanaan pilkada dikarenakan calon tunggal, Sutiyoso menilai bukan menjadi soal besar. "Andaikata suatu saat buntu dan ada calon tunggal, itu biasa saja ditunda. Jangan dianggap itu sesuatu yang serius,"tukasnya.

Pilkada serentak sebelumnya akan digelar pada bulan Desember 2015. Pilkada digelar di sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 36 kota. Namun, pilkada di empat daerah diundur sampai 2017. Yakni, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Mataram, Kota Samarinda, dan Kabupaten Timor Tengah Utara di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).


(YDH)