Ekonom: Gaya Komunikasi Rizal Kurang Tepat

Antara    •    Kamis, 10 Sep 2015 19:31 WIB
ekonomi indonesia
Ekonom: Gaya Komunikasi Rizal Kurang Tepat
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli. MTVN/M. Rodhi Aulia

Metrotvnews.com, Depok: Ekonom Universitas Indonesia (UI) Rizal E. Halim menilai gaya komunikasi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli tidak tepat dan berpotensi melemahkan kepercayaan publik terhadap Pemerintah Jokowi-JK. 

"Ini bahkan bisa memperbesar kekhawatiran pasar dan pelaku usaha atas iklim usaha sekaligus politik di Indonesia," katanya ketika ditemui di kampus UI Depok, Kamis (10/9/2015).

Menurut dia, beberapa kali Rizal Ramli setelah dilantik menjadi Menko Maritim melontarkan gaya komunikasi yang tidak baik. Ini menjadi catatan buruk kabinet ekonomi Jokowi.

Terlebih lagi, katanya, Presiden Jokowi sedang meluncurkan paket kebijakan untuk menarik investor dan menstimuli ekonomi domestik. Tentunya ini ambigu menyaksikan apa yang dilakukan Rizal Ramli.  

"Ambiguitas ini perlu segera di selesaikan oleh Presiden Jokowi. Jika tidak, maka sia-sia saja paket kebijakan yang dikeluarkan. Segera lakukan konsolidasi kabinet ekonomi," katanya.

Ia mengatakan Rizal Ramli perlu diingatkan. Apalagi yang disampaikan Rizal Ramli belum tentu valid. Jikapun benar komunikasinya tidak tepat.

“Jadi syarat keberhasilan paket kebijakan September adalah konsolidasi kabinet dan soliditas kabinet khususnya bidang ekonomi," katanya.

     
















(SAW)