Ketua IDI Akui Brebes Kekurangan Dokter

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 10 Sep 2015 20:41 WIB
kesehatan
Ketua IDI Akui Brebes Kekurangan Dokter
Stan RSUD di Brebes Expo 2015, MTVN - Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kekurangan tenaga dokter. Idealnya, satu dokter menangani 5.000 pasien. Sementara Kabupaten Brebes terdiri dari 1,8 juta jiwa.

"Jumlah dokter di Kabupaten Brebes saat ini baru sekitar 246 orang. Idealnya, 360 dokter berada untuk menangani penduduk yang tersebar di 17 kecamatan," kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Brebes, dokter Sartono, Kamis (10/9/2015).

Sartono mengatakan, saat ini jumlah dokter 80 persen yang bertugas di wilayah Brebes. Ironi, saat Pemkab Brebes membuka tes CPNS khusus untuk program dokter spesialis, tidak ada satu pun yang mendaftarkan diri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dokter Sri Gunadi mengaku wilayah kerjanya masih kekurangan tenaga dokter. Untuk menutup kebutuhan, saag ini pihaknya melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pusksesmas melakukan pengangkatan pegawai nonPNS.

"Idealnya di tiap-tiap Puskesmas ada tiga dokter yang bertugas. Namun, saat ini rata-rata masih berjumlah dua orang,”papar Gunadi.

Ada lima BLUD Puskesmas di Kabupaten Brebes yang mengadakan pengangkatan pegawai non PNS. Di antaranya BLUD Puskesmas Brebes, Tanjung, Banjarharjo, Bumiayu, dan Paguyangan.
 


(RRN)