KEIN Bakal Diisi Agus Pambagio hingga Hendri Saparini

Desi Angriani    •    Jumat, 11 Sep 2015 03:32 WIB
jokowi
KEIN Bakal Diisi Agus Pambagio hingga Hendri Saparini
Ketua Majelis Pertimbangan PAN Soetrisno Bachir. (ANTARA-Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo tengah menyiapkan Perpres pembentukan Komite Ekonomi dan Industri (KEIN) pengganti Komite Ekonomi Nasional (KEN) era Susilo Bambang Yudhoyono.

Rencananya KEIN akan diisi pengamat kebijakan publik Agus Pambagio, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani, Direktur Utama PT Mustika Ratu Putri Wardani, Pengusaha Sudhamek AWS, Komisaris Utama PT Telkom Hendri Saparini dan lain-lain.

"Tapi nanti akan diseleksi," ujar Ketua Majelis Pertimbangan PAN Sutrisno Bachir yang ditunjuk Jokowi menjadi anggota KEIN, di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Kamis, (10/9/2015).

Menurut Soetrisno, KEIN bakal beranggotakan 20 orang yang terdiri dari pengusaha, industrialis, pakar ekonomi dan akademisi. "Seperti pak Sidhamek, itu kan bukan hanya pengusaha tapi profesional. Nah itu bisa memberikan masukan yang lebih nyata di lapangan," jelasnya.

Sekadar informasi, KEIN adalah sebuah lembaga non-kementerian yang bertugas untuk membantu presiden dalam mempercepat pembangunan perekonomian nasional. Anggaran yang berkenaan dengan kegiatan KEIN akan dibebankan kepada bagian dari anggaran Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dulu KEIN yang bernama KEN ini dipegang Chairul Tanjung dengan posisi Wakil Ketua Raden Pardede, Sekretaris Aviliani. Sedangkan para anggota KEN, antara lain, Didik J Rachbini, James T Riady, Pieter Gontha, Chris Kanter, Erwin Aksa, Sandiaga Uno, Purbaya Yudhi Sadewa, Ishadi, dan lainnya.


(REN)