Pansus Pelindo DPR akan Terus Bergulir

Surya Perkasa    •    Jumat, 11 Sep 2015 04:27 WIB
pelindodpr ads
Pansus Pelindo DPR akan Terus Bergulir
Ilustrasi kegiatan ekspor impor di Indonesia -- FOTO: MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi III DPR RI meyakini Pansus Pelindo akan terus bergulir dan membawa dampak yang positif ke penegakan hukum. Sebab Pansus Pelindo ini didukung oleh semua fraksi yang ada di DPR.

"Ini kan sudah secara aklamasi didukung seluruh fraksi. Jangankan menolak, yang keberatan saja tidak ada," ujar Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (10/9/2015)

Saat ini Komisi III sedang menyusun draf pembentukan Pansus. Setelah selesai disusun dan pimpinan Komisi III DPR tiba di Indonesia, seluruh bahan akan dibawa ke pimpinan DPR untuk dibahas di Badan Musyawarah dan ditetapkan dalam Paripurna.

"Kalau soal tanda tangan dukungan ke Pansus itu cuma masalah legal formilnya saja lah. Karena ini didukung semua fraksi," ungkap dia.

Pansus Pelindo tak Bakal "Masuk Angin"

Sementara itu Anggota Komisi III Arsul Sani meyakini Pansus Pelindo pasti membawa hasil dan dampak yang baik. Sebab banyak yang mengkhawatirkan Pansus ini akan mati di tengah jalan.

"Insya Allah akan terus bergulir. Politik itu kan dinamis," kata dia.

Dia ingin masyarakat terus yakin bahwa Pansus ini tidak akan melempem seperti Pansus DPR yang lain. Dia mencontohkan Pansus Century yang akhirnya berhasil menyeret beberapa nama ke pengadilan.

"Memang ini pengawasan di DPR. Tapi tidak bisa dibilang tidak bergigi. Kalau tidak ada Pansus Century misalnya, enggak akan ada yang ke pengadilan," tutur Wakil Sekretaris Jenderal PPP ini.

Saat ini semua anggota Komisi III tengah melakukan komunikasi di tingkat fraksi dan antarfraksi. Selain itu, Pansus juga akan melibatkan Komisi V (perhubungan), Komisi VI (BUMN), Komisi IX (Ketenagakerjaan) dan Komisi XI (Keuangan) karena memiliki kaitan dengan Pelindo.


(REN)