Kiat Sukses Menjadi Atlet ala Manusia Tercepat di Asia Tenggara

Alfa Mandalika    •    Jumat, 11 Sep 2015 05:21 WIB
olahraga
Kiat Sukses Menjadi Atlet ala Manusia Tercepat di Asia Tenggara
Suryo Agung Wibowo saat memecahkan rekor 100 meter putra SEA Games 2009 di Laos. (Foto: MI/Hariyanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Suryo Agung Wibowo sempat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional tepatnya di SEA Games 2007 dan 2009. Atlet lari asal Surakarta ini mampu membuat rekor lari 100 meter putra di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara.

Suryo berhasil membuat rekor pada SEA Games 2007 di Thailand. Ketika itu, Suryo mencatatkan waktu 10,25 detik. Dua tahun berselang, Suryo kembali menorehkan tinta emas dengan melewati rekornya sendiri. Kali ini ia membuat rekor baru 10,17 detik di Laos. Dan sampai saat ini rekor tersebut belum dipecahkan. Tidak ayal, Suryo dijuluki manusia tercepat di Asia Tenggara.

Namun, keberhasilan yang dituai Suryo tidak ujug-ujug datang begitu saja. Butuh kerja keras dan pengorbanan dari Suryo untuk mendapatkan hasil terbaik. Ia bahkan harus meninggalkan masa remaja dan memilih untuk berlatih.

Pria yang bekerja sebagai PNS di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga mengatakan, profesi atlet saat ini bisa menjamin hidup di masa mendatang. Namun, Suryo berpesan agar tidak berhenti berlatih.

"Profesi atlet bisa jadi jaminan hidup, jangan takut jadi atlet, profesi atlet menjanjikan," kata Suryo yang ditemui Metrotvnews.com usai peringatan Hari Olahraga Nasional di Istora Senayan Rabu 9 September.

"Asalkan, atlet sungguh-sungguh jangan setengah-setengah. Memang, pengorbanan saya sangat besar, bisa dibilang saya meninggalkan masa remaja karena teman-teman pada pergi ke mal tapi saya malah latihan sampai muntah, besok latihan lagi, tetapi hasilnya akan terlihat. Harus berjuang, dan semua pengorbanannya tidak terasa apalagi kita sudah meraih prestasi dan semuanya terasa jadi imbang. Semuanya akan terbayar lunas, kaki sakit karena cedera akan terbayar karena mendapatkan hasil terbaik," papar Suryo.


(ASM)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

50 minutes Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA