Sempat Hilang, Kapal Kargo Malaysia yang Dinahkodai WNI Ditemukan

Fajar Nugraha    •    Jumat, 11 Sep 2015 09:37 WIB
pembajakan
Sempat Hilang, Kapal Kargo Malaysia yang Dinahkodai WNI Ditemukan
Kapal Sah Lian yang sebelumnya dilaporkan hilang (Foto: KJRI Kuching)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Duta Besar RI untuk Malaysia Herman Prayitno menyebutkan sebuah kapal kargo yang hilang, sudah ditemukan. Kapal itu dinahkodai oleh kapal asal warga negara Indonesia (WNI).

"Kapal saat ini sudah ditemukan dan dibawa ke Miri. Kapal diketahui hanyut," ujar Dubes Herman, kepada Metrotvnews.com, Jumat (11/9/2015).

Sebelumnya disebutkan, pemilik dari kapal MV Sah Lian kehilangan kontak dengan kru pada 2 September pekan lalu saat berlayar di perairan Sarawak. Kapal ini membawa berbagai muatan, termasuk produk olahan besi, pipa dan makanan dari Kuching ke kota Limbang

(Baca: Hilang Sepekan, Kapal Kargo Malaysia Diduga Dibajak)

Kapal ini dinahkodai oleh WNI bernama HI. Saat dilaporkan hilang, kapal berlayar dari rute perjalanan Kuching ke Limbang atau sebelah utara dekat Brunei dengan membawa 500 ton barang dan 14 anak buah kapal (ABK).
 
Sementara Wakil Dubes RI untuk Malaysia Hermono yang mendapatkan kabar dari Agensi Penguatkuasa Maritim Malaysia (APMM), membenarkan bahwa kapal ditemukan.

"Menyangkut Sah Lian, kapal sudah ditemukan dalam kondisi selamat di luar perairan Tanjung Sirik," sebut Wadubes Hermono.

Saat proses pencarian dilakukan, Hermono menambahkan bahwa liaison officer Polri di KJRI Kuching telah berkoordinasi dengan liaison officer sekitar. Selain itu Polri juga melibatkan Polairud Polda Kalbar untuk mencari keberadaan kapal beserta ABK dan muatannya.
 


(FJR)