KBRI Kembali Pulangkan 13 Jenazah Korban Kecelakaan Kapal Malaysia

Fajar Nugraha    •    Jumat, 11 Sep 2015 10:27 WIB
kecelakaan kapal
KBRI Kembali Pulangkan 13 Jenazah Korban Kecelakaan Kapal Malaysia
Tim SAR Malaysia mengevakuasi jenazah korban kecelakaan kapal (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Duta Besar RI untuk Malaysia Herman Prayitno menginformasikan kembali bahwa 13 jenazah korban kecelakaan kapal Malaysia, dipulangkan ke Tanah Air.

"Hingga 10 September 2015, sudah 36 jenazah WNI yang dipulangkan," ujar Dubes Herman, kepada Metrotvnews.com, Jumat (11/9/2015).

"Rencana pemulangan jenazah untuk 11 September 2015, sebanyak 13 jenazah. Pemulangan terdiri dari delapan jenazah asal Aceh, tiga dari Sumatera Utara, satu dari Jawa Timur dan satu dari Lampung," imbuh Dubes Herman.

Dubes Herman menambahkan, bahwa Operasi SAR dinyatakan selesai pada Kamis (10/9/2015). Untuk operasi pencarian akan dilanjutkan dengan operasi rutin.

Hingga 11 September 2015, korban tewas dalam kecelakaan kapal di Sabak Bernam, Selangor mencapai 64 jiwa. Sementara korban selamat, belum ada perubahan yakni 20 orang.

KBRI saat ini akan terus memfasilitasi keluarga yang akan melakukan identifikasi dengan menempatkan staf Kedutaan di setiap rumah sakit di mana jenazah korban disimpan. Dubes Herman menambahkan bahwa KBRI akan berupaya maksimal agar proses repatriasi jenazah dapat dilaksanakan secepat mungkin bekerjasama dengan BNP2TKI dan Pemda asal korban.

Satgas KBRI Kuala Lumpur terus melakukan koordinasi dengan otoritas Malaysia dan instansi terkait di Indonesia untuk penanganan para korban, baik korban selamat maupun korban meninggal.  Pemerintah Provinsi secara khusus juga telah mengirim tim untuk membantu Satgas KBRI Kuala Lumpur dalam memfasilitasi pemulangan jenazah.


(FJR)