Petani Cabai Tomohon Siap Dikucuri Kredit BNI Manado

Antara    •    Jumat, 11 Sep 2015 11:42 WIB
bni
Petani Cabai Tomohon Siap Dikucuri Kredit BNI Manado
Ilustrasi (ANTARA FOTO/ Budi Candra Setya)

Metrotvnews.com, Manado: PT Bank Negara Indonesia (BNI) Wilayah Manado terus menyalurkan kredit kepada para petani cabai rawit di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), untuk meningkatkan produksi hortikultura itu.

"Komoditas cabai rawit terus didorong oleh pemerintah di Provinsi Sulut karena merupakan produk yang selalu memicu inflasi di daerah tersebut," kata CEO BNI Manado Johny Tampubolon, di Manado, Jumat (11/9/2015).

Johny mengatakan BNI juga ikut mendukung program pemerintah daerah dan Bank Indonesia untuk meningkatkan produksi cabai rawit lewat penyaluran kredit yang diberikan melalui sistem bapak angkat. "Dengan sistem bapak angkat tersebut penyaluran ke petani akan lebih terarah karena bapak angkat ini lebih tahu kondisi di lapangan," jelasnya.

Khusus penyaluran kredit yang diberikan kepada para petani cabai di Kota Tomohon, BNI menyalurkan kredit hampir sebesar Rp1 miliar. Penyaluran kredit tersebut dengan harapan sektor pertanian akan lebih maju dan berkembang dengan baik.

Sementara itu, Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara Peter Jacobs mengatakan komoditas cabai rawit merupakan pemicu utama inflasi di Kota Manado karena pasokan sering berkurang.

"Pasokan yang sering kurang ini membuat pemerintah dan Bank Indonesia yang juga didalamnya adalah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan berbagai terobosan agar mampu menekan angka inflasi di Kota Manado," pungkasnya. 


(ABD)