Cairkan Dana Desa, Pemkab Gunungkidul Sinkronkan SKPD

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 11 Sep 2015 17:36 WIB
dana desa
Cairkan Dana Desa, Pemkab Gunungkidul Sinkronkan SKPD
Ilustrasi Dana Desa. (Antara)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan sosialisasi terkait terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, yakni Manteri Ekonomi, Menteri Desa, dan Manteri Dalam Nageri, perihal percepatan penyerapan dana desa. 

Kepala Bidang Sosial Pemerintah dan Budaya, Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gunungkidul Priyanta Madya Satmaka menjelaskan, agenda sosialisasi akan didahului dengan sinkronisasi agenda pemerintahan.

Sinkronisasi itu diperlukan agar tidak ada benturan kepentingan sektoral masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). "Jangan sampai nanti ada tumpang tindih dalam aplikasinya," katanya di Yogyakarta, Jumat (11/9/2015).

Selain itu, ia melanjutkan, pemerintah juga mempertimbangkan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Salah satu pokok isinya memberikan kewenangan penuh kepada kepala desa dalam mengkreasikan diri mengatur pembangunan di desanya. 

"Apakah desa juga sudah mampu kalau diberikan kewenangan secara mutlak,” ungkapnya.

Jika sudah sesuai, ia menambahkan, baru kemudian pihaknya manjalankan hasil sosialisasi tersebut. Ia berharap, dengan langkah tersebut dana desa bisa terserap dengan baik.

Hingga saat ini, ada sebanyak 81 desa telah mencairkan dana dari 144 desa di Kabupaten Gunungkidul. Pemerintah setempat juga sudah menyusun tim untuk membantu penyarapan dana desa agar bisa di atas angka 70 persen.


(SAN)