Hungaria Bagikan Makanan Pengungsi bak Binatang

Fajar Nugraha    •    Jumat, 11 Sep 2015 17:57 WIB
imigran gelap
Hungaria Bagikan Makanan Pengungsi bak Binatang
Pembagian makanan pengungsi di Hungaria (Foto: Telegraph)

Metrotvnews.com, Roszke: Para pengungsi Timur Tengah yang ditempatkan di Hungaria diperlakukan bak binatang. Pihak berwenang Hungaria memberi makan dengan cara yang tidak manusiawi.

Gambar menyedihkan muncul memperlihatkan para pengungsi yang ditempatkan di penampungan Hungaria. Pihak kepolisian yang berpakaian lengkap melempar makanan ke arah kerumunan pengungsi yang berlomba-lomba untuk mendapatkan makanan itu.

Video yang diambil secara sembunyi oleh relawan Austria, memperlihatkan 150 orang yang berebut bungkusan roti isi. Roti isi itu dilempar dan polisi hanya melihat ketika para pengungsi berebut makanan.

Perempuan dan anak-anak yang terjebak di dalam kondisi kacau itu, tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka tidak bisa melawan pria-pria dewasa yang buas karena kelaparan.

"Kondisinya seperti binatang yang diberi makan di dalam kandang, seperti halnya (Penjara) Guantanamo di Eropa," ujar Alexander Spritzendorfer, seperti dikutip Telegraph, Jumat (11/9/2015). Spritzendorfer adalah suami dari Michaela yang merekam kejadian memuakkan tersebut.

Spritzendorfer mengatakan, mereka datang ke tempat penampungan Roszke untuk membawa makanan, pakaian serta obat. Semua bantuan itu ditujukan kepada ribuan pengungsi yang memenuhi perbatasan Hungaria dan Serbia.

Saat Spritzendorfer berbicara dengan seorang relawan Palang Merah, istrinya melihat langsung apa yang tengah terjadi dan memutuskan untuk merekamnya.

"Sangat tidak manusiawi dan orang-orang ini jelas tidak saling berkelahi meskipun kelaparan," tutur Michaela Spritzendorfer.

Rekaman tersebut mendapat perhatian lebih ketika diunggah di YouTube. Bahkan badan PBB yang mengurus pengungsi awal pekan ini mengkritik kondisi buruk di tempat penampungan Roszke.
 


(FJR)