Pemerintah Terus Tarik Minat Investor di Tengah Kelesuan Migas

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 11 Sep 2015 18:33 WIB
migas
Pemerintah Terus Tarik Minat Investor di Tengah Kelesuan Migas
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tetap berupaya untuk menarik minat investor di sektor migas. Komitmen tersebut tetap dilakukan meski di tengah lesunya bisnis migas di dunia.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas, Kementerian ESDM, Djoko Siswanto mengatakan upaya yang tengah dilakukan di antaranya adalah dari sisi penawaran bagi hasil pada Wilayah Kerja (WK) migas konvensional di 2015.

Dalam hal ini, pemerintah memberikan bagi hasil yang cukup besar bagi investor yaitu untuk minyak di mana bagi hasil investor berkisar 30 persen sampai 35 persen. Sedangkan untuk gas mencapai 35 persen sampai 40 persen.

"Biasanya porsi bagi hasil untuk minyak bagi investor adalah 15 persen dan pemerintah 85 persen. Sementara untuk gas, 30 persen investor dan 70 persen bagi pemerintah. Namun pada penawaran WK migas tahun ini, porsi bagi hasil yang cukup besar ditawarkan untuk menarik investor. Besarannya, tergantung pada lokasi dan tingkat kesulitan lapangan migas tersebut," kata Djoko, seperti dikutip dari laman Ditjen Migas, di Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Djoko melanjutkan untuk serapan WK migas yang ditawarkan tahun ini secara umum untuk minyak sebesar 35 persen bagi investor dan 65 persen bagi pemerintah.

Hanya tiga WK yang bagi hasil minyaknya dengan perbandingannya 30:70 yaitu WK South West Bengara dan Rupat Labuhan serta Nibung. Sementara untuk gas, hanya WK South West Bengara yang porsinya 35:65.

Lebih lanjut, Djoko mengungkapkan, selain menawarkan bagi hasil yang menarik, pemerintah juga memberikan insentif berupa pembebasan PBB selama masa eksplorasi.

"Selain PBB, kita akan mencoba mengusulkan kembali kepada Kemenkeu agar seluruh yang terkait dengan kegiatan eksplorasi untuk dibebaskan karena selama kegiatan eksplorasi belum ada profit," pungkas dia.


(ABD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

6 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA