Selisik Pusat Rehabilitasi Mental dan Pecandu Narkoba SINAI Sukoharjo

Pythag Kurniati    •    Minggu, 13 Sep 2015 12:14 WIB
narkoba
Selisik Pusat Rehabilitasi Mental dan Pecandu Narkoba SINAI Sukoharjo
Foto: Yayasan Rehabilitasi Mental SINAI, Sukoharjo, Jawa Tengah/MTVN_Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Sukoharjo: Sebanyak 60 pemakai narkoba dari sejumlah daerah di Indonesia menjalani rehabilitasi di Yayasan Rehabilitasi Mental SINAI, Sukoharjo, Jawa Tengah. Sebagian besar pemakai narkoba itu adalah kaum muda.

"Hampir 80 persennya anak muda. Mereka memakai (narkoba) ada yang karena dijebak, salah pergaulan, coba-coba dan frustasi," kata Pendiri Yayasan Rehabilitasi Mental SINAI, Artha Simatupang, kepada Metrotvnews.com, Sabtu (12/9/2015).

Artha mengaku yayasan rehabilitasi yang berlokasi di Kutu RT 2/8, Telukan, Grogol, Sukoharjo, itu berdiri sejak 1991. Awalnya, ia bersama suaminya Titus Lado mendirikan Yayasan Rehabilitasi Mental SINAI untuk orang-orang terlantar. Seiring waktu, yayasan ini juga mengurus pecandu narkoba, lansia, dan penyandang gangguan jiwa.

"Saat ini total ada 180 orang yang direhabilitasi di tempat ini. 60 di antaranya korban penyalahgunaan narkoba," kata dia.

Sementara itu, Titus mengaku menggunakan metode pendekatan dan religius dengan pecandu narkoba sebelum menyembuhkan mereka. Yayasan ini juga rutin mengundang ustaz agar pasien muslim dapat berdiskusi.

"Kebanyakan mereka yang bisa sembuh adalah mereka yang memiliki niat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan,” kata Titus.

Titus mengatakan sebagian besar pasien dinyatakan sembuh usai menjalani rehabilitasi selama dua tahun. Sementara, Kementerian Sosial menargetkan pusat rehabilitasi menyembuhkan pengguna narkoba dalam enam bulan.

"Ya mungkin saja bisa, tapi tentu saja belum tuntas jika melihat kasus-kasus yang pernah kami tangani," ujar dia.

Yayasan Rehabilitasi Mental SINAI mengaku sudan menyembuhkan ribuan pengguna narkoba. "Kami kan sudah sejak lama, sejak 1991. Banyak yang sudah pulih. Beberapa di antara mereka bahkan kemudian membantu SINAI merehabilitasi korban penyalahgunaan lainnya," pungkas dia.


(TTD)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

6 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA