Mendagri Apresiasi Langkah PAN & Demokrat Ajukan Calon di Pilkada Surabaya

Eko Nordiansyah    •    Minggu, 13 Sep 2015 13:24 WIB
pilkada serentak
Mendagri Apresiasi Langkah PAN & Demokrat Ajukan Calon di Pilkada Surabaya
Menteri Dalam negeri Tjahjo Kumolo. Foto: MTVN/Eko Noordiansyah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan keleluasaan bagi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Surabaya agar dapat berjalan tepat waktu. Apalagi, Surabaya merupakan daerah padat penduduk yang juga padat pemilih.

"KPU memberikan sedikit keluwesan agar pilkada serentak di kota Surabaya dapat berjalan. Itu termasuk komitmen semua partai politik, komitmen gubernur dan sebagainya, yang intinya Surabaya ini jangan sampai satu pasang calon," ujar Tjahjo ditemui di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (13/9/2015).

Tjahjo menyebut, muncul pasangan Rasiyo dan Dhimam Abror yang menantang pasangan petahana Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana. Namun, KPU mengeliminasi salah satu calon dari pasangan itu karena dinilai tak memenuhi persyaratan administrasi.

Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) menggugat KPU yang dinilai mengambil keputusan tak mendasar. Meski mengeliminasi pasangan penantang, KPU memberikan tambahan waktu kepada pasangan calon yang hendak menantang pasangan petahana untuk mendaftar. 

Kemendagri sangat mengapresiasi langkah PAN dan Partai Demokrat yang telah mengajukan pasangan calon untuk melawan pasangan calon yang sebelumnya sudah terdaftar.

"Kami dari pemerintah melihat dan apresiasi kepada PAN, Partai Demokrat dan koalisinya untuk  mengusung pasangan calon Pilkada serentak, (melawan pasangan calon) Risma-Whisnu," tandasnya.


(DRI)