Semarak Permainan Tradisional Dipertandingkan di Jatinangor

Ismail    •    Minggu, 13 Sep 2015 22:16 WIB
budaya
Semarak Permainan Tradisional Dipertandingkan di Jatinangor
Lomba adu cepat sambil memanggul beras di Jatinangor, MTVN - Ismail

Metrotvnews.com, Sumedang: Ribuan masyarakat dan civitas Universitas Padjadjaran (Unpad) tumpah ruah mengikuti Olimpiade Olahraga Tradisional (Ootrad) di Lapangan Gorjati Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Kegiatan itu sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-58 Unpad.

Masyarakat tampak begitu antusias. Mereka mengikuti beragam pertandingan khas masyarakat setempat. Kegiatan itu mengingatkan kembali dengan kegiatan sehari-hari di masa lalu. Misalnya lomba balap egrang, ngagandong boboko, balap karung, manggul beas, nanggung suluh, nyuhun jukut, dan eyong.

“Biasa kita laksanakan di Bandung, namun kini kita laksanakan di Jatinangor, bersama dengan masyarakat setempat, dengan tujuan untuk kembali mengenalkan permainan tradisional ini kepada masyarakat luas,” ujar Rektor Unpad, Tri Hanggono, Minggu (13/9/2015).

Peserta yang mengikuti kegiatan Ootrad terdiri dari masyarakat umum yang ada di 12 Desa di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Tasik Malaya dan juga para mahasiswa serta civitas akademik Unpad.

“Kami juga berkeinginan bahwa kegiatan semacam ini diinisiasi menjadi sebuah kegiatan Pekan Olahraga Tradisional di tingkat Jawa Barat,” sebutnya.

Seorang warga Desa Sayang Kecamatan Jatinangor, Ahmad,45, mengaku kegiatan olimpiade olahraga tradisional tersebut mengingatkan kepada masyarakat masa-masa di era sebelum orde baru.

“Saat ini kegiatan tersebut sudah jarang dilakukan, namun kami berharap dengan diingatkan kembali melalui permainan ini, diharapkan anak-anak jaman sekarang tidak melupakannya, namun terus melestarikan budaya tradisi warga sunda,” sebutnya.
 


(RRN)