Piala Kemerdekaan 2015

Dramatis, PSMS Rengkuh Gelar Juara dengan 10 Pemain

Kautsar Halim    •    Minggu, 13 Sep 2015 23:08 WIB
piala kemerdekaan
Dramatis, PSMS Rengkuh Gelar Juara dengan 10 Pemain
Sejumlah pemain PSMS Medan memperkenalkan kepada masyarakat dan penggemarnya pada peluncuran skuad PSMS Medan. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Metrotvnews.com, Surabaya: PSMS Medan sukses mencetak sejarah dalam kancah sepak bola Indonesia karena berhasil menjadi juara baru di ajang Piala Kemerdekaan 2015. Prestasi itu mereka raih setelah menaklukkan Persinga Ngawi dengan skor, 2-1, pada babak final yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu 13 September.

Tidak mudah bagi PSMS untuk mencetak rekor baru ini. Mereka harus berjibaku lebih dulu dengan para penggawa Persinga yang menerapkan pola permainan cepat dan terbuka sepanjang laga. Terbukti, PSMS harus bermain dengan 10 pemain sejak babak kedua dan gol penentu kemenangan baru tercipta pada detik-detik akhir laga.

Penyerang Persinga, Jefri Kurniawan sempat mencetak gol pembuka dalam laga ini pada menit ke-26. Saat itu, tembakan volinya sukses membawa Persinga unggul karena kiper PSMS, Guntur Pranata, tampil kurang sempurna ketika menepis bola umpan silang lawan.

Tersengat dengan ketertinggalan 1-0, PSMS langsung tampil beringas hingga menyebabkan salah satu pemainnya, Asrul Reza, diganjar kartu merah. Sanksi akumulasi kartu kuning harus rela ia terima setelah menekel keras penyerang Persinga, Jefri Kurniawan, pada menit ke-39.

Faktor kekurangan jumlah pemain sempat membuat ritme serangan PSMS menurun. Namun, Persinga masih belum mampu memanfaatkan kesempatan itu hingga peluit turun minum berbunyi. Keunggulan 1-0 Persinga bertahan hingga akhir babak pertama.

Menginjak babak kedua, PSMS yang pincang dengan 10 pemain membuat kejutan karena tetap tampil agresif. Mereka mampu membuat keteteran para penggawa Persinga yang memang menurunkan tempo serangannya.

Alhasil, setelah sama-sama menciptakan beberapa peluang, gol penyeimbang yang ditunggu-tunggu PSMS akhirnya lahir oleh Aldino Herdianto pada menit ke-61. Acungan jempol patut diberikan oleh Aldino karena ia baru dimainkan pada menit ke-53 untuk menggantikan Tambun Dibty Naibaho.

Persinga yang terkejut dengan gol tersebut sempat memberikan perlawanan hebat sebelum mengakui kekalahan 2-1. Sayang, dewi fortuna masih belum berpihak karena peluang emas yang mereka ciptakan masih  sering dipatahkan para defender PSMS hingga laga berakhir.

Gol kemenangan PSMS sempat lahir pada detik-detik terakhir atau ketika injury tim satu menit yang diberikan wasit. Saat itu, Legimin Raharjo yang merupakan kapten tim sukses menyundul bola hasil tendangan bebas salah satu rekannya. Gol ini tercipta apik karena Legimin yang posturnya lebih pendek mampu memotong pergerakan bola harusnya mengenai bek Persinga.

Dengan kemenangan ini artinya PSMS berhak mendapatkan hadiah utama berupa uang tunai sebesar Rp1,5 miliar dan medali emas yang dibagikan kepada seluruh pemainnya. Sementara itu, sang runner-up, Persinga harus ikhlas hanya mendapat mendapat medali perak dan uang sebesar Rp1 miliar.


(KAU)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

6 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA