Kewalahan Tampung Imigran, Jerman Kembali Perketat Perbatasan

Willy Haryono    •    Senin, 14 Sep 2015 08:47 WIB
imigran gelap
Kewalahan Tampung Imigran, Jerman Kembali Perketat Perbatasan
Pengungsi asal Timur Tengah duduk menanti kereta api di sebuah stasiun di Wina, Austria, Minggu (13/9/2015). (Foto: AFP / JOE KLAMAR)

Metrotvnews.com, Munich: Jerman kembali menerapkan aturan pemeriksaan di wilayah perbatasan setelah diserbu gelombang imigran dari Timur Tengah. 

Negara ekonomi terkuat di Eropa ini menghentikan semua kereta dari Austria dan juga membekukan sementara Perjanjian Schengen terkait penerimaan pengungsi. Dalam beberapa hari terakhir, Jerman telah menerima puluhan ribu pengungsi Suriah. 

"Saat ini, Jerman untuk sementara menerapkan kembali pengawasan perbatasan. Fokus awal adalah perbatasan dari Austria," ucap Menteri Dalam Negeri Jerman Thomas de Maiziere, seperti dilansir dailymail.co.uk, Minggu (13/9/2015). 

"Tujuan langkah ini adalah membatasi gelombang (pengungsi) ke Jerman dan mengembalikan prosedur normal saat seseorang ingin memasuki negara ini," sambung dia. 

"Langkah ini diperlukan. Sikap siap menerima dan menolong yang ditunjukkan Jerman dalam beberapa pekan terakhir tidak bisa terus dipaksakan," tegas De Maiziere. 

Mendagri Jerman tidak menyebutkan secara spesifik hingga kapan aturan perbatasan ini akan diterapkan atau bagaimana menangani imigran yang terus berdatangan. Ia memperkirakan aturan ini akan mengganggu sejumlah jadwal perjalanan kereta api. 

Sebagian besar imigran dari Timur Tengah datang ke Jerman dengan menggunakan kereta api. Sebanyak 800 ribu dari mereka, yang melarikan diri dari wilayah konflik di Timur Tengah, terutama Suriah, diestimasi tiba di Jerman tahun ini.



(WIL)

Dua Anak Novanto bakal Kembali Dipanggil KPK

Dua Anak Novanto bakal Kembali Dipanggil KPK

7 minutes Ago

Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang S…

BERITA LAINNYA