Lolos dari Hukum Pancung, Masamah Belum Dipulangkan

Ahmad Rofahan    •    Senin, 14 Sep 2015 11:07 WIB
hukuman mati
Lolos dari Hukum Pancung, Masamah Belum Dipulangkan
Foto ilustrasi. (Antara/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Cirebon: Masamah binti Raswa, tenaga kerja wanita asal Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat telah dinyatakan lolos hukuman pancung di Arab Saudi. Namun, hingga kini belum juga dipulangkan.

Informasi yang diterima keluarga, awalnya Masamah akan dipulangkan pada bulan puasa lalu. Namun, ternyata tidak terlaksana. Kemudian, keluarga kembali mendapat informasi bahwa Masamah akan dipulangkan pada Agustus. Namun kembali gagal.

Keluarga Masamah tidak mengetahui jelas alasan tentang kegagalan kepulangan Masamah ke Indonesia. “Informasi terakhir yang kami terima, Masamah akan dipulangkan setelah Idul Adha ini,” ujar Rukanah, ibu dari Masamah, di Cirebon, Senin (14/09/2015).

Masamah berangkat melalui PT API pada tahun 2009. Dia berurusan dengan hukum Arab Saudi setelah didakwa membunuh putra majikannya. Kejadian pada tahun 2010 membuat nama Masamah sempat masuk dalam daftar hukuman mati.

“Akhirnya, anak saya dinyatakan tidak bersalah dan akan dibebaskan,” tutur Rukanah sembari bilang masih bisa bertelepon dengan Masamah.

Rukanah berharap pemerintah bisa membantu kepulangan Masamah dengan segera. Dirinya khawatir, rencana kepulangan putrinya setelah Idul Adha nanti, akan kembali mengalami kegagalan. Rukanah pun tidak berharap banyak terkait rencana kepulangan anaknya tersebut. 
 
“Yang penting anak saya bisa pulang dengan selamat, itu sudah bersyukur sekali,” ujar Rukanah.


(SAN)