Keris Djoko Susilo Perlu Diperiksa Ahli

- 18 Juli 2013 20:45 wib
MI/Atet Dwi Pramadia/ip
MI/Atet Dwi Pramadia/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi mengaku perlu berkonsultasi dengan ahli untuk menyita keris milik Djoko Susilo. Sejauh ini, KPK tak punya rencana menyita ratusan keris yang dipunyai terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan simulator SIM di Korlantas Polri dan kasus dugaan pencucian uang itu.

"Kita tak berencana menyita keris. Sebab, keris bukan aset yang masuk kategori disita," kata Juru Bicara Johan Budi SP di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (18/7).

Johan menilai, KPK tak punya kompetensi menilai keris Djoko sebagai senjata pusaka yang punya nilai sejarah atau mistik. "Perlu ada ahli untuk melihat ini, barang bernilai atau barang usang," imbuh dia.

Seperti diketahui, mantan Kakorlantas Polri itu memiliki lebih dari 200 keris pusaka. Djoko juga memiliki benda pusaka lainnya. Ia menganggap benda tersebut memberi kesaktian dan kewibaan.

Menanggapi hal itu, Pimpinan Pondok Pesantren Daaruttauhid, Bandung, Abdullah Gimastyar atau akrab disapa Aa Gym menilai, selaiknya seseorang tak perlu menggunakan cara di luar nilai agama untuk kesaktian dan kewibawaan. "Tidak perlu menggunakan hal-hal yang klenik yah," kata Aa Gym, usai memberi siraman rohani di Kompleks Kemenkumham, Rabu kemarin.

Menurut Aa Gym, kewibaan datang dari Sang Maha Pencipta. "Kemulyaan, itu tergantung dari kebersihan hati dan kedekatan dengan Allah SWT. Jadi menurut saya, mau wibawa jadi orang yang tulus, bersih, baik dan dekan dengan Allah SWT jadi tidak perlu memusingkan wibawa, yang penting jadi orang yang bener."

()

Melihat perolehan suara sementara Partai Demokrat yang 10%, Dahlan Iskan tidak terlalu yakin konvensi…