Sensus Ekonomi 2016 Picu Munculkan Sektor Usaha Baru

Eko Nordiansyah    •    Senin, 14 Sep 2015 12:57 WIB
bps
Sensus Ekonomi 2016 Picu Munculkan Sektor Usaha Baru
Kepala BPS Suryamin (kiri) (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) menilai akan banyak sektor usaha baru yang bermunculan dalam pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 (SE 2016) pada Mei 2016 mendatang dibandingkan dengan sensus ekonomi terakhir yang dilakukan pada 2006.

"Bermunculan sektor baru yang jadi tantangan harus kita sisir seluruh di sektor ini," tutur Kepala BPS Suryamin, di Gedung I BPS, Jalan DR Sutomo, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2015).

Dirinya menambahkan, saat ini banyak sektor usaha dengan skala mulai dari mikro, kecil, sedang, sampai yang paling besar hanya dengan memanfaatkan penggunaan Teknologi Informasi (IT).

"Hanya dengan IT, sekarang itu bisa menghasilkan output atau nilai tambah yang besar. Ada di sektor transportasi seperti Go-jek. Ada yang jasa membuat design digital dan sebagainya," jelas dia.

Untuk itu, Suryamin berharap, jika seluruh pihak bisa membantu BPS dan pemerintah mensosialisasikan serta mendorong masyarakat untuk ikut serta dalam pelaksanaan sensus ekonomi ini.

"Berbagai upaya perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya data hasil sensus ini. BPS tidak bisa bekerja sendiri, kita harus bekerja bersama. Nanti data yang kita dapat juga akan kita sampaikan kepada k/l terkait," pungkasnya.


(ABD)