25.524 Warga Riau Sakit Akibat Asap

Antara    •    Senin, 14 Sep 2015 13:13 WIB
asap
25.524 Warga Riau Sakit Akibat Asap
Siswa di Palembang libur sekolah karena asap. Foto: MI/Ramdani.

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Puluhan ribu warga Provinsi Riau sakit karena terpapar asap kebakaran lahan dan hutan. Sebagian besar mereka menderita infeksi saluran pernafasan akut. Mereka tersebar di sejumlah kabupaten/kota.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Sjafril, jumlah warga yang sakit karena asap terus bertambah. Kini mencapai 25.524. "Paling banyak menderita infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA, jumlahnya mencapai 20.901 orang," kata Andra Sjafril, di Pekanbaru, Senin (14/9/2015).

Angka penderita merupakan akumulasi dari 29 Juni hingga 12 September 2015. Rinciannya, penderita pneumonia sebanyak 454 orang, asma 893 orang, iritasi mata 1.356 orang dan iritasi kulit 1.920 orang. 

Jumlah penderita ISPA tersebar di 12 kabupaten/kota. Yang terbanyak di Kota Pekanbaru, mencapai 3.548 orang. "Kami meminta warga untuk menghindari aktivitas di luar ruangan. Apabila terpaksa, harus menggunakan masker yang pada kondisi pekat seperti ini yang cocok adalah jenis N95," kata Andra.

Selain itu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau akan membuka posko kesehatan dampak asap di empat lokasi di Kota Pekanbaru. Ini untuk mengantisipasi agar tidak semakin banyak warga yang sakit akibat polusi asap kebakaran hutan dan lahan. "Operasional posko kesehatan dimulai pada Senin (14/9/2015) hingga 10 hari ke depan," katanya.

Posko ada di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kompleks Purna MTQ, Pasar Pusat, dan Rumbai. Sebagian besar posko berada di tepi jalan menggunakan tenda besar. "Pada pos kesehatan disiagakan satu orang dokter dan dua perawat," kata Andra.

Pelayanan kesehatan ini hasil kerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau. Posko kesehatan melayani kegiatan perawatan kesehatan pertama. "Selain itu, posko kesehatan juga memberikan masker dan promosi kesehatan khususnya terkait dampak kabut asap terhadap kesehatan," kata Andra.


(DOR)

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

38 minutes Ago

Mantan Direktur Umum PNRI, Isnu Edhi Wijaya menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi K…

BERITA LAINNYA