Komponen Otomotif

Riset Komponen Otomotif di Ajang Balap

Ekawan Raharja    •    Selasa, 15 Sep 2015 13:21 WIB
suzuki
Riset Komponen Otomotif di Ajang Balap
SIC bisa menjadi ajang riset beberapa

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran ajang balap nyatanya tidak hanya melahirkan para pembalap-pembalap berkualitas. Namun tempat ini bisa juga melahirkan ragam pengembangan komponen-komponen untuk dunia otomotif.

Seperti ajang Suzuki Indonesia Challenge (SIC) yang pada Minggu, 14 Agustus, digelar bertempat di Lapangan Brigif-Cimahi. Di sini ternyata juga menjadi tempat untuk melakukan riset komponen untuk beberapa merek komponen otomotif.

"Kami mensupport acara ini juga sekaligus mencari data-data teknikal untuk keperluan kami. Di acara ini (SIC) atau beberapa tempat lainnya, kami biasanya menurunkan tim teknik untuk mendapatkan beberapa data yang bisa digunakan untuk riset ban kami," jelas Thomas Muhammad, Assisten Departemen Head Technical PT Gajah Tunggal, saat ditemui di Cimahi.

Seperti saat ini yang sedang dilakukan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang sedang melakukan riset. Saat ini mereka mengakui bahwa pengumpulan data-data dari ajang balap satu merek tersebut, cukup besar perannya.

"Suzuki Satria dikembangkan di dunia balap. Nantinya yang baru habis ini, akan sangat mengerikan performanya," jelas Endro Nugroho di kesempatan yang sama.

Untuk contoh lainnya, dia menjelaskan bahwa komponen otomotif suspensi dari Suzuki Swift dan Crossover. Menurutnya komponen yang dibuat berdasarkan teknologi di dunia balap.

Namun Endro menambahkan bahwa tidak semua teknologi yang ada di dunia balap dapat diaplikasikan ke kendaraan massal. Jangan sampai teknologi yang seharusnya mempermudah para penggunanya malah menyusahkan atau bahkan merugikan pengguna atau pemakainya.


(UDA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

18 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA