Bantah Terima Amplop, Fadli Zon Hanya Terima Bingkisan dari Trump

Meilikhah    •    Senin, 14 Sep 2015 15:14 WIB
donald trump
Bantah Terima Amplop, Fadli Zon Hanya Terima Bingkisan dari Trump
Setya Novanto dan Fadli Zon memberikan keterangan mengenai pertemuan dengan Donald Trump di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin 14 September 2015. Antara Foto/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon membantah dirinya dan Ketua DPR Setya Novanto menerima fee setelah hadir di acara jumpa pers bakal calon presiden Amerika Serikat Donald Trump. Dia mengaku pulang hanya membawa bingkisan.

"Tidak ada yang namanya fee. Kami hanya mendukung pengusaha yang mau datang ke Indonesia, ini satu hal yang baik sesuai harapan Presiden (Joko Widodo). Tak ada fee, amplop, tak ada apa-apa, semata-mata kepentingan nasional," kata Fadli, di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2015).

Menurut dia, delegasi lain juga menerima bingkisan dari Trump. Apa isinya? Politikus Partai Gerindra itu mengaku tidak tahu. "Saya enggak tahu isinya apa, tapi kata teman-teman isinya topi tulisan Trump. Saya juga lupa simpan bingkisannya di mana," ujar Fadli.

Dia meminta semua pihak tidak hanya fokus pada pertemuan dirinya dan Novanto dengan Trump. Menurutnya, ada persoalan lain yang lebih penting ketimbang terus-menerus mengurusi pertemuan tersebut.

"Habis ini, move on lah. Masih ada masalah lain yang lebih penting untuk diurusi. Misalnya masalah jemaah haji yang wafat, daripada mengadakan hal enggak perlu. Kalau memanfaatkan ini agar ada pengganti pimpinan DPR, ya ikuti prosedur," kata Fadli.

Novanto pun mengingatkan bahwa Indonesia tengah dilanda kesulitan ekonomi yang mesti mendapat penanganan khusus. Jika tidak, mungkin Indonesia akan mengalami krisis ekonomi seperti yang terjadi pada 1998.

"Saya melihat situasi sekarang krisis karena situasi global. Dengan Amerika menaikkan bunga, sekarang Cina devaluasi 3-10 persen, akibatnya di Indonesia kesulitan," kata Setya.


(TRK)