Buwas Berkeras Pengguna Narkotika Dipenjara

Lukman Diah Sari    •    Senin, 14 Sep 2015 15:39 WIB
narkoba
Buwas Berkeras Pengguna Narkotika Dipenjara
Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Pol Budi Waseso (Tengah). (Foto:Antara/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso bersikeras pengguna narkoba harus dipenjara. Rehabilitasi tidak akan memberikan efek jera pada pesakitan. Budi tetap memperjuangkan keinginannya itu meski Kementerian Hukum dan Ham tak menyetujui idenya.
 
“Kita semua harus lihat mana yang lebih penting, penegakan hukum itu tujuannya membuat jera," kata Budi di Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (14/9/2015).
 
Manurut Budi, hukuman penjara dapat meredam peredaran narkoba dan tak menulari yang lain untuk ikut menggunakan narkoba. "Kita mau mereka dipenjara supaya tidak mengulang atau menularkan pada yang lain. Bukan berarti mereka tidak perlu rehabilitasi. Direhab di penjara," kata Budi menegaskan.
 
Budi mengakui, pelaksanaan rehabilitasitetap menjadi prioritas. Tapi, ada mekanisme yang mengatur cara rehabilitasi itu. "Rehab itu penting, tapi nanti diatur bagaimana prosesnya," kata jenderal polisi bintang tiga itu.
 
Budi sempat meminta satu pulau khusus untuk lokasi penjara beserta rehabilitasi para pengguna narkoba. Kini, dia masih fokus mencegah agar narkoba tak merdeka di Indonesia. Ia akan kerja sama dengan polri dan TNI.
 
"Yang penting bagaimana kita bersama-sama menangani masalah penyalahgunaan narkoba secara serentak," tegas dia.
 
 


(FZN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

21 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA