Delegasi DPR 'Nombok' Biaya Perjalanan Dinas ke AS

Meilikhah    •    Senin, 14 Sep 2015 15:51 WIB
donald trump
Delegasi DPR 'Nombok' Biaya Perjalanan Dinas ke AS
Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua DPR Setya Novanto dan Ketua BURT Roem Kono konferensi pers di Gedung DPR. Foto: Antara/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengaku 'nombok' untuk mencukupi biaya perjalanan dinas ke Amerika Serikat dalam rangka menghadiri Konferensi Ketua Parlemen se-Dunia di Markas Perserikatan Bangsa-bangsa di New York. Terhitung, delegasi DPR menghabiskan waktu 11 hari di AS. Padahal, acara konferensi yang dihadiri DPR hanya berlangsung tiga hari sejak 31 Agustus hingga 2 September 2015.

"Selama kita menunggu jadwal di Washington D.C., kita pakai biaya sendiri," kata Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/9/2015).

Fadli menutupi biaya 'hidup' selama di AS hingga 7 hari, terhitung sejak 3-9 September. Ia mengakui, semua biaya tak bisa seluruhnya dibebankan pada Sekretariat DPR untuk menutupi biaya perjalanan dinasnya selama 11 hari di luar negeri. Dia merogoh kocek pribadi selama perjalanan dinas.

Hal serupa juga dikatakan Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR Roem Kono. Dia mengatakan, alokasi dana perjalanan dinas delegasi hanya dihitung berdasarkan kurs rupiah lama sebelum dolar AS naik. Sebab itu, mau tak mau delegasi DPR harus menyesuaikan anggaran dari Kesekjenan.

"Delegasi nombok anggaran, alokasi kan Rp11 ribu per USD1, sekarang kan dolar Rp14 ribu jadi nambah uang pribadi. Dan ini tidak ada yang ngambil uang negara," kata Roem.


(MBM)

KPK yang Berani Jujur Hebat

KPK yang Berani Jujur Hebat

13 minutes Ago

KERJA ekstra keras yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menjerat Setya Novanto dal…

BERITA LAINNYA