Soal Dana Desa, Pemkab Bangkalan Tak Tahu Ada SKB 3 Menteri

Agus Josiandi    •    Senin, 14 Sep 2015 15:51 WIB
dana desa
Soal Dana Desa, Pemkab Bangkalan Tak Tahu Ada SKB 3 Menteri
Ilustrasi Dana Desa. (Antara)

Metrotvnews.com, Bangkalan: Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur mengaku belum menerima informasi apapun dari pemerintah pusat terkait revisi aturan pencairan dana desa. Akibatnya, dana desa masih mengendap di rekening kas daerah. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkalan Edy Moeljono mengaku dana desa sudah siap dicairkan. Namun, pihaknya mengaku belum tahu adanya surat keputusan tiga menteri terkait penyederhanaan prosedur pencairan dana desa.

"Ya kami hanya mengikuti ketentuan, kalau memang ada ketentuan lain yang mempermudah ya kami siap saja, karena dana tersebut sebenarnya siap dicairkan," terang Edy, di Bangkalan, Senin (14/9/2015).

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf menilai, banyaknya dana desa mengendap di kas daerah terjadi karena ketakutan Pemerintah Kabupaten. 

"Ini sepertinya pemkab di daerah ragu untuk mencairkan, ini kan program pertama ya, jadi wajar kalau pemkab ragu dan takut keliru, sehingga proses pencairan terhambat," terang dia. 

Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim, meminta agar pemkab mempermudah proses pencairan dana desa. Terlebih telah terbit SKB 3 Menteri.

"Saya minta pemkab bisa mempermudah pencairan lah. Tapi tetap dengan mengindahkan aturan yang ada. Bersamaan dengan itu, saya juga minta pemerintah pusat memfasilitasi dengan aturan-aturan yang jelas dan mudah," ujarnya.


(SAN)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

29 minutes Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA