MKD Tetapkan Kunjungan DPR ke AS Diduga Langgar Kode Etik

Meilikhah    •    Senin, 14 Sep 2015 16:59 WIB
donald trump
MKD Tetapkan Kunjungan DPR ke AS Diduga Langgar Kode Etik
Ketua MKD Bidang Penindakan Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua MKD Junimart Girsang.--Foto: MTVN/Meilikhah

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan memutuskan kunjungan delegasi DPR ke Amerika Serikat selama sekitar 11 hari diduga melanggar kode etik Dewan. Menindaklanjuti hal tersebut, MKD membentuk tim penyelidik yang diketuai Ketua MKD Bidang Penindakan Sufmi Dasco Ahmad.

"Rapat internal Mahkamah Kehormatan Dewan tanggal 7 September memutuskan dugaan pelanggaran kode etik kunjungan Dewan ke AS yang diselenggarakan oleh IPU sebagai perkara tanpa pengaduan," kata Sufmi Dasco, di ruang rapat MKD DPR RI Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2015).

Perkara dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Setya Novanto cs itu telah ditindaklanjuti tim dengan menyurati Badan Kerja Sama Antar-Parlemen untuk meminta semua dokumen terkait keberangkatan delegasi ke AS.

"Kami verifikasi surat tersebut yang mana dalam surat delegasi adalah 7 orang (delegasi), anggaran Dipa 2015 dan acara selesai tanggal 3 (September 2015). Jadi tanggal 4 harus sudah di Indonesia," kata Wakil Ketua MKD Junimart Girsang.

Junimart menambahkan dalam hal ini akan segera memanggil pihak-pihak yang melakukan perjalanan dinas ke AS. Termasuk bila ada pihak lain yang dianggap relevan dengan perjalanan delegasi akan dipanggil.

"Kami akan panggil untuk meminta klarifikasi," jelas Junimart.


(MBM)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

8 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA