Mentan Akui Realisasi Produksi Padi Tahun Ini Bakal Meleset

Husen Miftahudin    •    Senin, 14 Sep 2015 17:56 WIB
kementerian pertaniankementan ads
Mentan Akui Realisasi Produksi Padi Tahun Ini Bakal Meleset
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis Angka Ramalan (Aram) produksi padi 2015 sebesar 75,5 juta ton. Angka tersebut meningkat jika dibanding produksi padi pada tahun sebelumnya yang mencapai 70,85 juta ton.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengakui, realisasi produksi padi tahun ini bakal meleset dari perkiraan. Menurut dia, gejala kekeringan (El Nino) yang menyerang di hampir seluruh daerah lumbung padi nasional bakal membuat produksi padi berkurang.

"Kemungkinan ini berkurang dengan adanya El Nino," ujar Amran, dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI mengenai pembahasan RAPBN 2016 Kementan, di Kompleks MPR/DPR Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2015).

Meskipun begitu, pihaknya akan terus melakukan upaya peningkatan produksi padi untuk memenuhi kebutuhan secara nasional. Salah satu upaya peningkatan yang dilakukan seperti pemberian pompa sebanyak 21 ribu unit kepada para petani di seluruh Indonesia.

"Pompa yang sudah kita sebar itu 21 ribu unit di seluruh Indonesia, di daerah yang ada air seperti Sungai Bengawan Solo, Sungai Cimanuk di Jawa Barat. Kemudian embung kita bangun sumur dangkal. Ini sudah kita lakukan semua," papar dia.

Amran menambahkan, untuk target produksi padi pada 2016 ditetapkan sebanyak 75 juta ton atau meningkat sebanyak 2,7 persen jika dibandingkan dengan target 2015 yang hanya sebanyak 73 juta ton.

"Kami tetapkan di 2016 sebanyak 75 juta ton. Salah satu pertimbangan kami kalau pun ada angka ramalan 75 (juta ton), tetapi ada El Nino saat ini, itu menjadi pertimbangan dan kita perhitungkan," pungkas Amran.


(ABD)